Jumat 11 Sep 2020 19:53 WIB

Arteta Diultimatum Bawa Arsenal Kembali ke Liga Champions

Sang bos menilai habitat Arsenal ada di elite Eropa.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Arsenal players celebrate with the trophy during the FA Community Shield match between Arsenal London and Liverpool FC at the Wembley stadium in London, Britain, 29 August 2020.
Foto: EPA-EFE/Justin Tallis/ POOL
Arsenal players celebrate with the trophy during the FA Community Shield match between Arsenal London and Liverpool FC at the Wembley stadium in London, Britain, 29 August 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tugas berat menanti Mikel Arteta. Ia diharuskan mengembalikan Arsenal ke Liga Champions. Petinggi the Gunners Vinai Venkatesham menilai habitat klubnya ada di zona elit benua biru. Sayang dalam empat tahun terakhir, skuat gudang peluru keluar dari kelompok tersebut. 

"Arsenal harus kembali menjadi klub peserta Liga Champions. Itu penting untuk ekonomi, penggemar, pemain, staf, dan semua orang di klub ini," kata Vinai, dikutip dari Daily Star, Jumat (11/9). 

Ia menegaskan, target tersebut bukan akhir dari impian Arsenal. Ia juga berharap pemilik Emirates Stadium kembali bersaing memperebutkan gelar Liga Primer Inggris. Tapi paling tidak tiket Liga Champions harus segera diamankan. Ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan berada di kelompok elit Eropa. 

"Ya itu penting secara ekonomi, tapi juga sangat diinginkan penggemar," ujar Vinai. 

Saat masih dilatih Arsene Wenger, Arsenal lolos ke Liga Champions dalam 16 musim beruntun. Namun sejak 2016 lalu, the Gunners hanya bisa merasakan sensasi di Liga Europa. 

Mengapa demikian? Skuat Meriam London keteteran menghadapi persaingan di level atas liga domestik. Itu karena munculnya beberapa tim baru dengan dukungan finansial memadai. 

Ada Manchester City yang mulai menjadi raksasa di Inggris. Juga Tottenham Hotspur yang meramaikan pertarungan di zona big four. Kedatangan Mikel Arteta memberi warna baru. 

Dalam beberapa bulan terakhir, pelatih asal Spanyol itu mempersembahkan gelar Piala FA dan Community Shield untuk Arsenal. Setelahnya ia berhasil merayu sejumlah jugador anyar merapat ke Emirates Stadium. Menarik dinantikan kiprah Arteta sepanjang musim 2020/2021. 

Skuat the Gunners berhadapan dengan Fulham pada laga pembuka Liga Inggris musim 2020/2021. Duel tersebut berlangsung di Craven Cottage, London, Sabtu (12/9) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement