Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

PSBB Total, BRI: Pelaku UMKM Punya Bekal Pembelajaran

Jumat 11 Sep 2020 17:44 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Sektor UMKM terdampak pandemi Covid-19

Sektor UMKM terdampak pandemi Covid-19

Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Pelaku UMKM sudah pernah merasakan dampak pandemi Covid-19 pada periode awal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menilai penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan mulai 14 September 2020 di DKI Jakarta tidak akan mengganggu pengembangan bisnis pelaku UMKM. Sebab pelaku UMKM sudah memiliki cukup bekal menghadapi PSBB tahap II.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan pelaku UMKM sudah pernah merasakan dampak pandemi Covid-19 pada periode awal. “Pelaku UMKM optimis terus, mereka tanggung meski ada masa sulitnya. Saya yakin mereka sudah dapat pembelajaran cukup pada April dan Mei,” ujarnya saat konferensi pers virtual Pesta Rakyat Simpedes 2020, Jumat (11/9).

Supari menceritakan pengalamannya mengunjungi pasar-pasar rakyat seperti di Parung dan Sawangan Depok, Jawa Barat. Menurutnya seluruh pelaku UMKM di sana seolah tidak terjadi dampak dari pandemi Covid-19.

“Mereka ada yang mengalami omzet naik 150 persen selama pandemi Covid-19 seperti penjual daster dan tanaman hias,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengingatkan pelaku UMKM agar patuh terhadap protokol kesehatan. “Bagaimana ekonomi UMKM tetap berjalan dan bagaimana kita disiplin protokol kesehatan. Rasanya optimisme pelaku UMKM tidak akan pernah luntur,” ucapnya.

BRI kembali menghadirkan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2020 yang digelar Virtual untuk pertama kalinya. Perayaan kali ini digelar dengan konsep berbeda, seluruh masyarakat Indonesia, khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes bisa memperoleh hiburan sekaligus berkesempatan melakukan panen hadiah.

Supari menjelaskan Pesta Rakyat Simpedes 2020 tetap meneruskan tradisi melalui konsep 6P yaitu Panggung, Pasar, Pawai, Panen, Pojok Xsis, Peduli, yang merupakan trademark Pesta Rakyat Simpedes. Pesta Rakyat Simpedes merupakan program perseroan yang dilakukan kali pertama pada tahun 2008.

"Acara ini merupakan wujud kepedulian dan peran serta BRI dalam berbagai aspek perkembangan bangsa, mulai dari sisi Nasionalisme, Kebudayaan, Pariwisata, Pendidikan dan Usaha (UMKM), yang terbagi dari talkshow, workshop, artist performance dan juga pengundian program Panen Hadiah Simpedes,” ucapnya.

Pasar virtual yang merupakan aktivitas untuk jual-beli produk-produk unggulan milik debitur binaan BRI melalui Official Store Indonesia Mall dengan beragam penawaran diskon menarik, flash sale dan gratis ongkir. Pada tahun ini PRS 2020 akan digelar secara virtual sebanyak 10 episode mulai dari 12 September hingga 20 Desember 2020.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA