Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

BCA Dorong Transaksi Digital Lewat Mobile Banking

Jumat 11 Sep 2020 16:22 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda

PT Bank Central Asia (BCA) Tbk berupaya melakukan transformasi digital dalam memberikan layanan perbankan di tengah pandemi Covid-19.

PT Bank Central Asia (BCA) Tbk berupaya melakukan transformasi digital dalam memberikan layanan perbankan di tengah pandemi Covid-19.

Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Akibat pandemi kecanggihan teknologi jadi sangat dimanfaatkan oleh masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Central Asia (BCA) Tbk berupaya melakukan transformasi digital dalam memberikan layanan perbankan di tengah pandemi Covid-19. Kali ini perusahaan menghadirkan tiga fitur digital yang memudahkan nasabah di Tanah Air untuk bertransaksi finansial seperti fitur QR BCA mobile, Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless) BCA mobile, dan Debit Online.

Direktur BCA Santoso mengatakan di tengah situasi pandemi Covid-19 kecanggihan teknologi menjadi sangat dimanfaatkan oleh masyarakat di dunia termasuk di Indonesia. Digitalisasi mendominasi berbagai aspek kehidupan masyarakat khususnya di tengah tantangan Covid-19 dan era menuju era normal.

"Digitalisasi menawarkan masyarakat pada kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan, apalagi di situasi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk jaga jarak (physical distancing),” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (11/9).

Santoso menjelaskan tiga fitur ini antara lain fitur QR BCA mobile yang bisa digunakan nasabah untuk bayar transaksi belanja merchant dengan pembayaran QRIS. QRIS merupakan jaringan pembayaran yang menggunakan QR Code dari BCA mobile dan berbagai aplikasi pembayaran dimana BCA turut mendukung pemerintah dengan penerapan cashless payment via QRIS.

“QR BCA mobile memudahkan nasabah untuk membayar belanja tanpa sentuhan berbagai merchant yang bekerja sama dengan BCA,” ucapnya.

Fitur kedua adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless) BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM. Biasanya dompet tertinggal dan situasi mendesak harus transaksi dengan uang tunai, nasabah cukup mengakses fitur Cardless BCA mobile dan dapat dengan mudah menarik uang tanpa kartu ATM BCA.

“Fitur ini mendukung nasabah era new normal yang mengharuskan untuk meminimalisir kontak fisik pada benda atau yang lainnya,” ucapnya.

Fitur ketiga dan yang terbaru dari BCA adalah Debit Online, fitur yang mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran transaksi online. Uniknya, fitur Debit Online BCA memberikan keleluasaan nasabah dalam mengatur transaksi online melalui BCA mobile.

“Fitur terbaru ini memberikan dua keuntungan sekaligus bagi nasabah yakni kemudahan kontrol transaksi dan tanpa batas. Nasabah dapat mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi, nasabah dapat mengatur limit dan blokir #DibikinSimpel di BCA mobile,” ucapnya.

Selain itu, fitur ini memungkinkan nasabah untuk menggunakannya sebagai metode pembayaran online baik di dalam maupun luar negeri. Fitur ini juga dapat digunakan berbelanja di seluruh platform e-commerce, toko online, dan layanan online yang menerima pembayaran dengan kartu Mastercard.

Ke depan BCA terus bertransformasi menjadi institusi keuangan yang aware terhadap kebutuhan nasabah yang dinamis serta perkembangan digitalisasi yang semakin pesat. Pada era new normal disadari membutuhkan kecepatan, kenyamanan, kemudahan, dan keamanan dalam mendukung aktivitas masyarakat, maka fitur digital banking yang ditawarkan dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat luas di Tanah Air.

“Kami akan terus bergerilya menciptakan inovasi mutakhir digitalisasi perbankan yang diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Sementara Country Manager of PT Mastercard Indonesia Navin Jain menambahkan pandemi Covid-19 telah mempercepat pengadopsian kebiasaan pembayaran digital dan nontunai pada konsumen. Perubahan perilaku melakukan pembelian secara online diprediksi akan bertahan lama, bahkan hingga pandemi berakhir, dengan studi terbaru menunjukkan sebesar 60 persen konsumen telah mencoba sebuah metode belanja digital baru.

“Saat ini banyak orang lebih memilih untuk melakukan pembayaran nontunai agar tetap aman, serta mengurangi kontak fisik. Mastercard bekerja sama dengan BCA dalam memungkinkan kartu debit Mastercard sebagai alat pembayaran online berbagai transaksi marketplace dan app store, berlangganan berbagai layanan dan lainnya. Mastercard menganjurkan para pemegang kartu untuk mengaktifkan fitur Debit Online agar dapat melakukan transaksi online dengan aman, simpel, dan nyaman dengan kartu debit Mastercard,” jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA