Jumat 11 Sep 2020 16:05 WIB

Microsoft: Ada Peretas Tiga Negara Sasar Trump dan Biden

Peretas yang memiliki hubungan dengan Rusia, China, dan Iran menyasar Trump dan Biden

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Peretas yang memiliki hubungan dengan Rusia, China, dan Iran menyasar Trump dan Biden. Ilustrasi.
Foto: AP
Peretas yang memiliki hubungan dengan Rusia, China, dan Iran menyasar Trump dan Biden. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Peretas yang memiliki hubungan dengan Rusia, China, dan Iran berusaha untuk mengintip orang-orang dan kelompok yang terlibat dalam pemilihan presiden AS 2020, kata Microsoft. Microsoft mengungkapkan peretas Rusia yang melanggar kampanye Demokrat 2016 kembali terlibat.

"Jelas bahwa kelompok kegiatan asing telah meningkatkan upaya mereka menargetkan pemilihan," kata perusahaan teknologi tersebut dalam sebuah pernyataan dilansir BBC, Jumat (11/9).

Baca Juga

Baik kampanye Presiden Donald Trump dan kandidat Demokrat, Joe Biden, berada dalam pengawasan para perampok dunia maya. Menurut Microsoft, peretas Rusia dari kelompok Strontium telah menargetkan lebih dari 200 organisasi. Banyak di antaranya terkait dengan partai politik AS baik dari Partai Republik maupun Demokrat.

Penyerang dunia maya yang sama juga menargetkan partai politik Inggris, kata Microsoft, tanpa menentukan yang mana. Strontium juga dikenal sebagai Fancy Bear, unit serangan dunia maya yang diduga berafiliasi dengan intelijen militer Rusia, GRU.

"Mirip dengan apa yang kami amati pada tahun 2016, Strontium meluncurkan kampanye untuk mengambil kredensial log-in orang atau menyusupi akun mereka, mungkin untuk membantu pengumpulan intelijen atau operasi gangguan," kata Tom Burt, wakil presiden Microsoft yang bertanggung jawab atas keamanan pelanggan dan kepercayaan.

Perusahaan itu mengatakan peretas China telah meluncurkan serangan yang menargetkan individu yang terkait dengan kampanye Biden. Sementara peretas Iran terus berupaya menargetkan orang-orang yang terkait dengan kampanye Trump.

Sebagian besar serangan siber tidak berhasil, menurut Microsoft. Serangan juga belum dilakukan terhadap kelompok yang menangani sistem pemungutan suara itu sendiri.

"Apa yang kami lihat konsisten dengan pola serangan sebelumnya yang tidak hanya menargetkan kandidat dan staf kampanye tetapi juga mereka yang berkonsultasi tentang masalah-masalah utama," kata Burt.

"Kegiatan ini menyoroti kebutuhan orang dan organisasi yang terlibat dalam proses politik untuk memanfaatkan alat keamanan gratis dan berbiaya rendah untuk melindungi diri mereka sendiri saat mendekati hari pemilihan," tambahnya.

Microsoft melaporkan kelompok-kelompok China telah melancarkan serangan terhadap akun email pribadi orang-orang yang berafiliasi dengan kampanye Biden, serta setidaknya satu individu terkemuka yang sebelumnya terkait dengan pemerintahan Trump.

'Orang-orang terkemuka' dalam komunitas urusan internasional, institusi akademik, dan organisasi kebijakan juga dikatakan telah menjadi sasaran kelompok peretas China, yang dikenal sebagai Zirkonium.

Kelompok Iran yang dikenal sebagai Fosfor tidak berhasil mengakses rekening pejabat Gedung Putih dan staf kampanye Trump antara Mei dan Juni tahun ini.

Microsoft tidak dapat menentukan tujuan para peretas Rusia, China, dan Iran. Google mengatakan pada Juni bahwa mereka telah mendeteksi upaya peretasan dunia maya serupa oleh China dan Iran.

"Kami adalah target besar, jadi tidak mengherankan melihat aktivitas jahat diarahkan pada kampanye atau staf kami," kata Wakil sekretaris pers nasional kampanye Trump, Thea McDonald.

Seorang pejabat kampanye Biden mengakui telah mengetahui upaya peretasan sejak awal. "Kami telah mengetahui sejak awal kampanye kami bahwa kami akan menjadi sasaran serangan seperti itu dan kami siap menghadapinya," ungkapnya.

Laporan itu muncul sehari setelah seorang pengungkap fakta (whistleblower) di Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengungkap dirinya berada di bawah tekanan untuk meremehkan ancaman campur tangan Rusia di AS karena 'membuat presiden terlihat buruk'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement