Jumat 11 Sep 2020 15:25 WIB

Pendidikan Bahasa Arab UMY Kini Terakreditasi A

Prodi bahasa Arab UMY masih relatif muda karena baru berdiri 2011.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Buku Bahasa Arab. ilustrasi
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Buku Bahasa Arab. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terus meningkatkan akreditasi program studinya. Kali ini, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) berdasar keputusan BANP-PT meraih skor 379, mengubahnya status akreditasinya dari B menjadi A.

Ketua Prodi PBA UMY, Arif Humaini mengatakan, prodi ini masih relatif muda karena baru berdiri 2011. Kemudian, tiga tahun setelahnya atau 2014 sukses mendapatkan akreditasi B, yang mana jadi akreditasi pertama prodi tersebut.

Baca Juga

"Kemudian, pada 2020 mendapatkan akreditasi A dengan proses yang cukup panjang," kata Arif melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (10/9).

Arif menyampaikan, persiapan untuk akreditasi sudah dilakukan satu tahun sebelum Tim Asesor BAN-PT melakukan visit akreditasi didampingi BPM UMY. Ada tujuh kriteria penilaian yang harus terpenuhi dalam penilaian akreditasi.

Mulai dari visi-misi, tata pamong, mahasiswa, SDM, keuangan dan aset, sampai penelitian atau pengabdian. Prosesnya melibatkan dosen, alumni dan mahasiswa yang dilakukan secara daring pada 24-25 Agustus 2020.

Rangkaian prestasi baik nasional maupun internasional yang diraih mahasiswa dan alumni turut memberikan sumbangsihnya. Khususnya, pada proses visitasi akreditasi yang sebelumnya kosong dari keterlibatan mahasiswa berprestasi.

Ia berharap, untuk akreditasi ke depannya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dari segi kualitas dosen maupun kualitas mahasiswa. Sebab, jika sudah meraih akreditasi A tentu standar penilaian bertambah menjadi 9.

"Oleh karena itu, harapannya kami bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di PBA UMY," ujar Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement