Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Penjual Es yang Viral Akhirnya Mendapat Hadiah Honda BeAT

Jumat 11 Sep 2020 11:19 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Perwakilan Astra Honda Motor dan Baim Wong sudah berkunjung ke kediaman Riyanto di kampung Grogol Limo, Depok, pada Rabu (9/9). Sebuah motor Honda Beat terlihat diserahkan kepada Riyanto, yang tentu butuh motor untuk mengantar anaknya berobat.

Perwakilan Astra Honda Motor dan Baim Wong sudah berkunjung ke kediaman Riyanto di kampung Grogol Limo, Depok, pada Rabu (9/9). Sebuah motor Honda Beat terlihat diserahkan kepada Riyanto, yang tentu butuh motor untuk mengantar anaknya berobat.

Foto: istimewa
Honda Astra Motor dan Baim Wong antarkan hadiah Honda BeAT ke Riyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah jagat maya dihebohkan dengan video viral Riyanto, penjual es selendang mayang yang rela menjual motor Honda Beat miliknya demi pengobatan sang anak yang menderita penyakit intususepsi (usus kejepit), akhirnya pihak Astra Honda Motor bersama Baim Wong berupaya membantu.

Bermula dari unggahan Instagram Lambe Turah (4/9) pekan lalu, viral video di mana seorang bapak yang sedang berjualan es selendang maya dari pagi hingga sore hari, demi biaya pengobatan anaknya yang menderita sakit usus kejepit. Pembuat video ini  kemudian memborong semua dagangan Riyanto agar cepat pulang. Tak berhenti disitu, ia juga kemudian mengikuti Riyanto hingga pulang ke rumah dan sekaligus melihat kondisi rumah dan anak Riyanto yang sakit.

Putra ketiga Riyanto bernama Abdul Malik ini didiagnosa menderita usus kejepit sejak masih bayi. Untuk tetap bertahan hidup, tindakan medis pun dilakukan dengan pembedahan dan dibuatkan lubang anus di sekitar perut.

Inilah yang membuat Malik setiap hari harus mengganti kantong stoma (penampung kotoran), karena kotorannya keluar melalui lubang saluran di perutnya. Kantong ini hanya sekali pakai dan langsung dibuang. Harga 1 kantong stoma sekitar Rp 150 ribu per kantong. Bisa dibayangkan beban yang harus ditanggung Pak Riyanto. 

Unggahan video tersebut, tertulis caption, “Masa pademi kayak gini banyak banget cobaan yang datang silih berganti… Semoga makin banyak teman teman kita di luar sana yang mau saling berbagai, saling mengasihi.”

Tayangan ini sontak mendapat perhatian hampir 2 juta orang di akun tersebut, dan cepat di repost di berbagai akun medsos. Banyak warganet yang tergerak membantu, komentar simpati pun bertebaran, ramai tagar untuk Baim Wong dan Honda, hingga muncul tagar #hondadoyourmagic.

Tidak menunggu lama, pihak Astra Honda Motor pun segera merespons seruan warganet ini, dengan menggandeng Baim Wong, yang memang dikenal dermawan dan suka berbagi lewat channel youtube-nya “Bapau”. Seperti yang terlihat dari unggahan warganet, perwakilan Astra Honda Motor dan Baim Wong sudah berkunjung ke kediaman Riyanto di kampung Grogol Limo, Depok, pada Rabu (9/9). Sebuah motor Honda Beat terlihat diserahkan kepada Riyanto, yang tentu butuh motor untuk mengantar anaknya berobat. 

Saat menerima motor Beat dari Baim Wong, Pak Riyanto tak henti hentinya mengucapkan terima kasih dan rasa syukur. “Saya sangat bersyukur. Kebetulan anak saya ulang tahun, dan ini kado terbaik untuknya. Insya Allah motor ini pembuka rejeki saya yang lain,” kata Pak Riyanto gembira sekaligus terharu.

Apresiasi Astra Honda Motor ini, tidak hanya ditujukan kepada customer setianya, tapi juga keinginan mengajak masyarakat luar untuk  terus menyebar kepedulian dan kebaikan bagi sesama, apalagi di masa pandemi ini yang terasa sangat berat ini.  Semoga kepedulian para warganet ini dapat membantu keseharian Pak Riyanto dan teristimewa  sang buah hati agar  cepat sembuh

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA