Kamis 10 Sep 2020 16:59 WIB

3 Film Iran Bakal Tayang di BFI London Film Festival

BFI London Film Festival pada 7 Oktober sampai 18 Oktober 2020.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
BFI London Film Festival (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
BFI London Film Festival (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Setidaknya ada tiga film produksi negara Iran yang dipilih untuk tayang di BFI London Film Festival pada 7 Oktober sampai 18 Oktober 2020. Ketiga film tersebut yakni 180° Rule, Witness, dan Asho.

Dilansir di laman Tehran Times, Kamis (10/9), 180° Rule yang disutradarai Farnush Samadi akan diputar di sesi "Debate" dalam ajang tersebut. Film ini menampilkan tragedi pernikahan, yang terjadi di pegunungan yang menghadap ke Teheran.

Film ini menceritakan seorang guru dari Teheran membuat pilihan yang mengubah struktur keluarganya. Dia lalu menempatkannya di jalan yang menyakitkan menuju penebusan.

Aktris Sahar Dowlatshahi memberikan penampilan luar biasa pada film ini. Dia menekankan kekerasan dari aturan patriarki yang dialami oleh para ibu. Keheningannya berbicara banyak dan dampaknya sangat menghancurkan.

Sementara, judul film 180° Rule memiliki makna tersendiri. Judul film itu merupakan prinsip sinematik untuk menjaga keseimbangan spasial antara dua karakter di layar.

Film pendek Witness merupakan sebuah film garapan Ali Asgari. Film itu masuk ke sesi "The Secrets and Lies".

Witness menceritakan tentang seorang ibu yang pergi ke pusat perbelanjaan dan meninggalkan putrinya yang masih kecil menunggu di mobilnya. Ibu itu lalu membantu seorang wanita lanjut usia, dia menggerakkan serangkaian peristiwa.

Lalu, film Asho oleh Jafar Najafi akan diputar di sesi "This is the Rhythm of My Life Section". Film pendek ini sangat menghangatkan hati menceritakan sosok Asho.

Asho dikisahkan merupakan seorang gembala muda ceria yang menyukai film. Dia bercita-cita menjadi seorang aktor dan suatu hari menikahi Jodie Foster.

BFI London Film Festival akan menampilkan lebih dari 50 pemutaran perdana virtual. Acara itu diselenggarakan secara daring dan pemutaran film secara gratis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement