Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Van Gaal Terkesima Melihat Penampilan Timnas Italia

Kamis 10 Sep 2020 15:20 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Louis Van Gaal

Louis Van Gaal

Gli Azzurri menaklukkan Der Oranje, 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Pada Selasa (8/9) dini hari WIB, Italia tampil impresif saat bertemu Belanda. Kedua tim tergabung di Grup 1 Liga A UEFA Nations League musim 2020/2021. 

Bermain di Johan Cryuff Arena, Amsterdam, Gli Azzurri menaklukkan Der Oranje, 1-0. Mantan arsitek tuan rumah, Louis van Gaal memuji penampilan skuat polesan Roberto Mancini. 

"Pertama kalinya saya sangat suka menonton pertandingan tim Italia. Itu karena di masa lalu Italia terkenal dengan sepakbola defensif," kata Van Gaal kepada wartawan saat menghadiri upacara penghargaan di Florence, dikutip dari Football Italia, Kamis (10/9). 

Tokoh berusia 69 tahun ini telah pensiun dari dunia kepelatihan. Ia makan asam garam saat menekuni profesi tersebut. Van Gaal menangani banyak tim elit. Ia mengaku sempat mendapat tawaran dari AC Milan di awal karirnya. 

"Saya memiliki kesempatan bekerja di Italia pada awal karirnya, sebelum saya menuju Barcelona. Milan menginginkan saya," ujar sosok yang juga pernah mengarsiteki Bayern Muenchen, dan Manchester United. 

Kembali ke gaya sepakbola Italia saat ini. Tak berlebihan apa yang dikatakan Van Gaal. Gaya bermain Gli Azzurri telah berubah total. Sejak kegagalan menembus Piala Dunia 2018, federasi setempat (FIGC) mengontrak Mancini. 

Di era Mancio, Leonardo Bonucci dan rekan-rekan berani mendominasi pertandingan. Mereka menaikkan garis pertahanan dan menekan lawan secara konsisten. Tentu saja ada resiko bakal mendapat serangan balik. 

Namun sejauh ini pasukan biru lebih banyak mengukir catatan positif. Italia baru saja memenangkan 12 pertandingan dari 13 laga terakhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA