Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Telkom University Beri Bantuan 5 Robot Autonomous ke BNPB

Kamis 10 Sep 2020 14:50 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Robot menggantikan manusia (ilustrasi).

Robot menggantikan manusia (ilustrasi).

Foto: ABC
Robot bisa dimanfaatkan untuk dinsinfeksi ruang isolasi pasien covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pertumbuhan kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Menyikapi hal tersebut, Telkom University bersama PT Telkom Indonesia kirimkan 5 robot Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

AUMR merupakan inovasi karya Telkom University bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Alat ini, dimanfaatkan untuk Desinfeksi & Sterilisasi pada Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19 tanpa campur tangan manusia secara langsung.

Penyerahan AUMR ini berlangsung di Bandung Techno Park (BTP) pada Selasa (8/9), oleh Direktur Kerjasama Strategis & Kantor Urusan Internasional Telkom University Lia Yuldinawati.Nantinya kelima AUMR ini akan digunakan di wisma atlet Jakarta serta akan dikirimkan juga ke Surabaya. Hingga saat ini total sudah ada 6 robot AUMR yang diserahkan kepada BNPB sejak bulan Juni lalu.

Lia Yuldinawati mengatakan, kedepan AUMR akan terus dikembangkan untuk beberapa fungsi, dan akan terus ditambah jumlahnya sesuai permintaan, karena AUMR merupakan sebuah inovasi yang Tel-U hadirkan untuk membantu masalah pandemi Covid-19 yang saat ini sedang dihadapai oleh dunia.

“Dalam menghadapi masalah yang terjadi saat ini, kerjasama antara perguruan tinggi dengan industry dalam menghasilkan inovasi sangat diperlukan, ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam berkontribusi bagi bangsa," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA