Kamis 10 Sep 2020 13:30 WIB

Konser New Normal Jatim Batal Digelar

Waktu konser akan ditunjau hingga penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan uji coba konser new normal yang diwacanakan akan digelar pada 12 September di Pintu Langit, Prigen, Pasuruan, batal digelar. Ia mengatakan inisiator konser maupun penyelenggara akan meninjau ulang waktu pelaksanaan hingga penyebaran Covid-19 di Jatim benar-benar bisa dikendalikan.

"Wacana uji coba konsernya resmi dibatalkan. Waktunya ditinjau ulang. Pihak inisiator akan pastikan dulu bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia dan Jatim telah terkendali penuh sambil menyiapkan format acara yang aman untuk semua," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu (9/9).

Baca Juga

Khofifah menerangkan, kedatangan Gus Ipul pada Agustus lalu untuk mendiskusikan perihal penyelenggaraan uji coba konser yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Hal itu agar tidak terjadi penularan Covid-19 bagi audiens maupun masyarakat di sekitarnya, tetapi industri kreatif bisa bergerak.

Kedatangan Gus Ipul juga untuk membicarakan upaya Pemprov Jatim dalam membangkitkan ekonomi bagi para pelaku industri kreatif, pekerja seni, dan pariwisata. Sebagai informasi, kelompok seniman dan pariwisata menjadi sektor yang sangat terdampak dimana pemasukan mereka turun hingga 80 persen.

Di sisi lain, lanjut Khofifah, adanya pandemi Covid-19 ini menuntut semua  pihak harus beradaptasi, bertahan, dan menyeimbangkan antara kesehatan dan ekonomi. Seperti pesan yang disampaikan Presiden RI Jokowi, harus ada keseimbangan antara ‘Gas dan Rem’ dalam menangani Covid-19 dan menggerakkan perekonomian di daerahnya masing-masing. 

Khofifah menjelaskan, saat ini sudah ada exercise yang mendiskusikan format konser yang aman seperti yang telah dilakukan di Inggris dan Korea Selatan. Inggris dan Korea Selatan sudah berhasil mengadakan uji coba konser physical distancing dengan melakukannya di ruang terbuka (outdoor) dan penonton dibatasi dalam platform besi supaya bisa berjarak 2 meter. 

Sebagai gambaran, konser tersebut diikuti oleh 2.500 peserta, angka tersebut jauh lebih besar dari rencana peserta uji coba konser yang direncanakan diadakan di area wisata alam milik Gus Ipul ini. Selain itu, saat ini konser juga dipertimbangkan untuk kembali dilaksanakan di Jerman, sekaligus juga sedang diteliti bagaimana mengadakan konser yang aman.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement