Kamis 10 Sep 2020 13:14 WIB

13 Warga Pontianak tak Pakai Masker Langsung Dites Usap

13 orang di kawasan Pasar Flamboyan harus tes swab saat sidak Forkipimda Kalbar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas medis melakukan tes usap (swab test) Covid-19.
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Petugas medis melakukan tes usap (swab test) Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go mengatakan, sebanyak 13 warga yang kedapatan tidak pakai masker di kawasan Pasar Flamboyan, Kota Pontianak langsung dilakukan tes usap (swab tes) saat jajaran Forkopimda Kalbar melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan sosialisasi penggunaan masker.

"Sebanyak 13 orang dari kegiatan tadi langsung dilakukan tes usap, karena kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker," kata Donny Charles Go di Kota Pontianak, Kamis (10/9).

Dia menjelaskan, sidak tersebut dilakukan ke beberapa lokasi yang menjadi pusat keramaian masyarakat di Kota Pontianak dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Donny menambahkan, kegiatan itu juga dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kalimantan Barat dengan melibatkan pemerintah daerah, TNI, dan Polri untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

"Untuk di Kota Pontianak pelaksanaannya dipimpin langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen Muhammad Nur Rahmad, Waka Polda Brigjen Asep Safrudin serta Forkopimda Pontianak," ujarnya.

Donny menyebutkan, lokasi yang dikunjungi Forkopimda pada pagi ini, yaitu pasar Flamboyan dan Pasar Kemuning. "Di dua lokasi ini, Gubernur Kalbar bersama Pangdam dan Waka Polda melakukan imbauan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun," ujarnya.

Selain imbauan, dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar juga menggelar tes usap di lokasi pasar tradisional, terutama bagi masyarakat yang didapati tidak menggunakan masker. "Data sementara yang kami terima, khusus di Pasar Flamboyan yang menjadi titik keramaian masyarakat, ada 13 orang yang dilakukan tes usap," tambah Donny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement