Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Sejarah Hari Ini: Kanada Deklarasikan Perang dengan Jerman

Kamis 10 Sep 2020 11:26 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Pada 10 September 1939 Kanada deklarasikan perang terhadap Jerman dalam PD II. Ilustrasi.

Pada 10 September 1939 Kanada deklarasikan perang terhadap Jerman dalam PD II. Ilustrasi.

Foto: wikipedia.org
Pada 10 September 1939 Kanada deklarasikan perang terhadap Jerman dalam PD II

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA - Pada 10 September 1939, Kanada mendeklarasikan perang terhadap Jerman dalam Perang Dunia II. Dengan begitu, Kanada juga bergabung dengan Sekutu yang saat itu masih beranggotakan Polandia, Prancis, Inggris, Selandia Baru, dan Australia.

Seperti dilansir laman CBC, sesi khusus Parlemen Kanada menyetujui permintaan Perdana Menteri Mackenzie King agar Kanada ikut berperang di Eropa. Keputusan tersebut dipandang oleh sebagian besar warga Kanada sebagai yang tak terhindarkan.

Keputusan diambil tepat satu pekan setelah Inggris dan Prancis mengumumkan perang terhadap Nazi Jerman. Ini adalah pertama kalinya orang Kanada membuat deklarasi perang mereka sendiri sebagai negara berdaulat.

Pengumuman itu datang hanya sebagai buletin berita singkat yang mengganggu program reguler dari radio kala itu. Namun, berita perang tidak mengejutkan orang Kanada. Pekan sebelumnya, Raja dengan serius mengudara di radio dengan sebutan "Kanada di sisi Inggris".

Dalam siaran ini (yang telah disimpan dalam arsip CBC), Perdana Menteri Mackenzie King bersumpah untuk mengamankan pertahanan Kanada. Dia juga mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk mengekang nafsu penaklukan Jerman.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA