Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Gara-Gara Simbol Nazi, Volkswagen 'Ceraikan' Diler Meksiko

Kamis 10 Sep 2020 10:12 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

VW Beetle 2013

VW Beetle 2013

Foto: High Gear Media
Diler menampilkan foto lama VW Beetle bersama tentara Nazi dan logo swastika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil Jerman, Volkswagen menghentikan hubungan secara komersial dengan distributor mobil di Meksiko. Hal ini lantaran diler itu menampilkan foto lama, yakni VW Beetle bersama tentara Nazi dan logo swastika.

Gambar tersebut mendeskripsikan "sebuah rezim yang menekankan kebencian dan diskriminasi" dan "benar-benar asing dengan citra perusahaan", kata Volkswagen dalam sebuah pernyataan, dikutip Rabu (9/9).

Volkswagen merupakan merek yang cukup berpengaruh di Meksiko. Volkswagen  mendapatkan laporan melalui media sosial bahwa ada foto tersebut di sebuah diler di distrik Coyoacan, Meksiko City.

Kantor pusat Volkswagen kemudian mengambil tindakan kepada diler tersebut. Langkah Volkswagen mendapat pujian dari organisasi anti-semitisme Simon Wiesenthal Center cabang Amerika Latin, dengan mengatakan, "(VW) bereaksi cepat untuk mengenang para korban Nazi."

VW Beetle pertama kali dikembangkan oleh Ferdinand Porsche dengan dukungan Adolf Hitler. Pada 1937, Hitler membentuk Volkswagenwerk yang dikelola negara sebagai "Perusahaan Mobil Rakyat".


sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA