Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Anjuran Agar Rutin Membersihkan Mesin Pembuat Kopi

Rabu 09 Sep 2020 23:03 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Sebanyak 50 persen dari mesin kopi mengandung ragi dan jamur (Foto: ilustrasi kopi)

Sebanyak 50 persen dari mesin kopi mengandung ragi dan jamur (Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Hippopx
Sebanyak 50 persen dari mesin kopi mengandung ragi dan jamur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda jarang membersihkan mesin pembuat kopi? Sebaiknya, kebiasaan ini perlu ditinggalkan.

Baca Juga

Menurut sebuah survei yang dikutip dari laman Womens Health Magazine, Rabu (9/9), sebanyak 50 persen dari mesin kopi mengandung ragi dan jamur. Hal ini membuatnya lebih banyak mengandung kuman.

Meski demikian, bagi anda yang memiliki mesin pembuat kopi di rumah tak perlu khawatir. Direktur dari Good Housekeeping Institute Home Appliances & Cleaning Lab, Carolyn Forte, memberikan tips menjaga mesin kopi tetap bersih.

Cuci mesin kopi
Tips pertama adalah cuci bagian mesin yang bisa dilepas dengan sabun cuci piring setelah digunakan. Tahap ini penting karena membantu menghilangkan kopi, gilingan, dan minyak yang tertinggal.

"Anda bisa mencucinya dengan tangan di wastafel dengan air hangat dan sabun. Bisa juga menggunakan mesin cuci piring, dan jangan lupa untuk menyeka bagian luar mesin," kata Forte.

Dia juga merekomendasikan untuk membiarkan tutup mesin dalam keadaan terbuka. Dengan demikian, mesin bisa benar-benar kering setelah digunakan karena kuman menyukai kelembapan.

Dekalsifikasi mesin
Seiring waktu, mineral air sadah dapat menumpuk di bagian dalam mesin Anda, dan Anda mungkin memperhatikan kopi membutuhkan waktu lebih lama untuk menetes. Untuk mengembalikan semuanya ke kondisi prima, Anda perlu membersihkan dan mendekalsifikasi mesin. Gunakan cuka putih yang bagus dan bisa diandalkan.

Isi reservoir dengan cuka dan air bagian yang sama dan tempatkan filter kertas ke dalam keranjang kosong mesin. Posisikan panci di tempatnya dan seduh"\ larutan setengahnya.

Matikan mesin, dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, hidupkan kembali mesin pembuat kopi, selesaikan penyeduhannya, dan buang sepanci penuh cuka dan air. Bilas semuanya dengan memasukkan filter kertas baru dan menyeduh sepanci penuh air bersih. Ulangi sekali.

Bersihkan mesin kopi dengan nasi
Anda harus selalu mencuci mesin kopi setelah digunakan, tapi jika lama kelamaan terlihat kotor, isi dengan air hangat berbusa, dan sedikit nasi. Aduk campuran untuk melonggarkan sisa kotoran. Gunakan spons scrub untuk menghilangkan kotoran dan bilas dengan baik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA