Rabu 09 Sep 2020 22:46 WIB

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Dirancang Ulang

Ekosistem manajemen olahraga nasional dirancang ulang agar prestasi dapat diperbaiki.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menpora untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional. Ia ingin seluruh ekosistem manajemen olahraga nasional dirancang ulang agar prestasi olahraga dapat diperbaiki.

“Saya pesan kepada Menpora, KONI, KOI untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara puncak hari olahraga nasional XXXVII Tahun 2020 melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9).

Baca Juga

Jokowi menilai, manajemen olahraga yang tidak tepat menyebabkan olahraga nasional masih kurang berprestasi hingga saat ini. Karena itu, seluruh manajemen olahraga harus dikaji total, termasuk tata kelola pembinaan para atlet yang harus bersinergi dari daerah hingga pusat dan dari lembaga pendidikan umum hingga lembaga pendidikan olahraga.

“Ekosistem nasional untuk prestasi olahraga harus direview total. Saya minta tata kelola pembinaan atlet direview total. Rancang tata kelola pembinaan atlet yang tersinergikan dengan baik, dari daerah sampai pusat,” ujar dia.

Presiden juga meminta agar sinergi antara organisasi cabang olahraga ditingkatkan hingga ke Kemenpora. Ia juga meminta agar iptek dimanfaatkan tak hanya untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis science, tetapi juga untuk pengembangan manajemen baru yang lebih baik.

“Kembangkan sistem informasi dan big data analytic yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas,” tambah Jokowi.

Jokowi mengingatkan, sebagai negara yang besar, Indonesia harus mempunyai nama besar di kompetisi berbagai cabang olahraga di arena internasional. “Saya minta kepada Menpora untuk segera mengajak semua pihak yang terkait untuk merancang ulang sistem pembinaan atlet kita secara besar-besaran. Dan segera melaporkan hasilnya kepada saya,” ucap dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement