Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Persiapan Traveling pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Rabu 09 Sep 2020 15:12 WIB

Red: Gita Amanda

Traveling di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) memiliki sejumlah tantangan yang perlu diperhatikan.

Traveling di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) memiliki sejumlah tantangan yang perlu diperhatikan.

Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pastikan agen yang Anda pilih menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) memberi banyak perubahan dalam kehidupan kita, salah satunya jika ingin melakukan perjalanan wisata. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin melakukan perjalanan menggunakan biro travel.

Berikut di antara yang harus diperhatikan:

Pemilihan travel

Selanjutnya, hal lain yang sering disalahartikan oleh seseorang yang mencari travel yakni dengan melihat pengikut di media sosial, padahal hal ini bukan jaminan bahwa ketika media sosial agen travel tersebut memiliki banyak pengikut itu artinya perusahaan tersebut dapat dipercaya. Karena saat ini membeli pengikut di media sosial merupakan hal yang sangat bisa dilakukan.

Hal pertama yang bisa Anda jadikan sebagai patokan apakah perusahaan tersebut kredibel atau tidak dengan melihat apakah perusahaan tersebut memiliki kantor dalam bentuk fisik atau tidak. Jika perusahaan memiliki kantor dalam bentuk fisik maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilihnya.

Namun, saat ini sudah tidak perlu lagi mendatangi satu per satu kantor fisik agen travel kecuali anda memang memiliki waktu luang. Anda bisa menggunakan layanan Traveloka untuk melakukan pesan tiket bus travel shuttle di sini. Karena setiap travel yang terdaftar dalam Traveloka merupakan travel yang kredibel dan dapat dipercaya. Bahkan Anda bisa mendapatkan berbagai macam promo yang menarik.

Kelebihan jika anda menggunakan Traveloka yakni bisa memilih agen travel yang sesuai dengan rencana perjalanan, mulai dari rute, jumlah tiket, jenis travel, dan lain sebagainya.

Barang yang harus Anda bawa

Jika sudah memutuskan mana travel yang akan Anda gunakan untuk berwisata atau bepergian, jangan lupa membawa beberapa perlengkapan wajib dalam rangka adaptasi kebiasaan baru. Barang-barang yang sebaiknya dibawa saat naik bus/shuttle:

1. Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi barang yang penting untuk anda bawa mengingat banyaknya kuman dan virus yang ada di sekitar kita. Sangat disarankan untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan. Untuk menghindari kemungkinan tertular virus maka anda juga harus tetap berhati-hati.

2. Masker

Jangan lupa membawa masker selama bepergian, hal ini berguna untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus yang berasal dari percikan air liur (droplet). Akan tetapi, meski sudah menggunakan masker, bukan berarti Anda bisa aman dan bebas berdekatan dengan orang lain. Pastikan Anda tetap menjaga jarak dan menjalankan protokol kesehatan dengan benar.

3. Peralatan makan

Akan lebih baik jika Anda juga membawa peralatan makan sendiri seperti tumbler, sendok dan garpu. Hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terjadinya kontaminasi antarsatu penumpang dan penumpang yang lain.

Saat ini, teknologi sudah cukup maju sehingga Anda sudah bisa melakukan proses check-in secara online untuk menghindari kemungkinan terjadinya kontak fisik dengan petugas maupun dengan sesama calon penumpang.

Jika anda memiliki termometer, ada baiknya Anda juga membawa termometer sendiri meskipun saat ini pengecekan suhu dapat dilakukan di mana pun. Pastikan agen yang Anda pilih menerapkan protokol kesehatan dengan baik agar Anda tidak tertular penyakit selama perjalanan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA