Rabu 09 Sep 2020 14:46 WIB

Robot Pepper Ingatkan Orang Pakai Masker

Robot Pepper dapat mendeteksi apakah seseorang mengenakan masker atau tidak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pepper adalah robot humanoid yang memiliki kapasitas untuk memahami perasaan dan emosi manusia.
Foto: ABC
Pepper adalah robot humanoid yang memiliki kapasitas untuk memahami perasaan dan emosi manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Insinyur mengembangkan robot yang dapat mendeteksi apakah seseorang mengenakan masker atau tidak dalam upaya menekan penyebaran virus corona. Jika seseorang tidak mengenakan masker, robot itu diprogram untuk mengingatkan mereka mengenakan masker dengan cara sopan.

Fitur tersebut merupakan peningkatan dari Pepper, robot setinggi 120 cm (47 inci) dengan fitur mirip manusia yang sudah beroperasi di beberapa negara untuk menyambut pengunjung di toko, pameran, dan ruang publik lainnya. Kamera Pepper memindai wajah orang yang mendekatinya. Jika Pepper mendeteksi bagian bawah wajah seseorang tidak tertutup, dia mengucapkan frasa, “Anda harus selalu memakai masker dengan benar.”

Baca Juga

Jika Pepper melihat pengunjung lalu memakai masker, dia akan mengucapkan kalimat, “Terima kasih telah memakai masker Anda.”

Kepala penjualan di Eropa untuk SoftBank Robotics, yakni perusahaan di belakang Pepper, Jonathan Boiria menjelaskan robot itu bertujuan memberikan pengingat yang ramah pada orang-orang untuk menyadari pentingnya memakai masker.

“Toko-toko harus menempatkan orang di pintu masuk, banyak orang, untuk memastikan penghormatan terhadap pemakaian masker, dan kadang-kadang itu sulit,” kata Boiria.

Karena itu, robot memungkinkan perusahaan atau toko mengurangi beberapa orang, sehingga pegawai bisa lebih fokus pada tugas normal mereka. “Kita semua manusia. Kadang-kadang saya melepas masker saat turun dari bus dan lupa memakainya kembali saat tiba di kantor. Robot itu memberikan pengingat. Kita semua bisa salah atau lupa,” ujar Boiria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement