Rabu 09 Sep 2020 10:02 WIB

Ormik Online Kampus UBSI Digelar 7-11 September 2020

UBSI tidak mengenal perploncoan mahasiswa baru.

UBSI akan menggelar  Orientasi Akademik (ORMIK), 7-11 September 2020.
Foto: Dok UBSI
UBSI akan menggelar Orientasi Akademik (ORMIK), 7-11 September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menggelar Seminar Motivasi (Semot), kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) juga menyelenggarakan Orientasi Akademik (Ormik). Kegiatan itu diselenggarakan 7 – 11 September 2020 secara online serentak untuk seluruh kampus UBSI di Indonesia.

Pada tahun ini, Semot dan Ormik kampus UBSI yang diadakan secara online mengusung tema ‘New Generation’. “Kampus UBSI mempunyai cara tersendiri untuk menyambut mahasiswa baru dengan cara yang lebih edukatif, ceria, humanis, inspiratif dan  kreatif.  Salah satunya dengan mengadakan rangkaian acara Orientasi Akademik atau biasa dikenal Ormik,” kata Wakil Rektor Non Akademik,  Bidang Kemahasiswaan kampus UBSI, Suharyanto dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Kegiatan Ormik diadakan serentak untuk seluruh kampus UBSI mulai dari kampus UBSI wilayah Jabodetabek antara lain kampus UBSI Fatmawati, Ciputat, Margonda, Cengkareng, Bogor A & B, BSD, Slipi, Kaliabang, Bekasi, Kalimalang, Salemba 22, Kramat 98, Cibitung, Cikarang, Pemuda, Jatiwaringin, Dewi Sartika B, Cimone dan beberapa kampus UBSI di luar Jabodetabek.

“Selain di wilayah Jabodetabek, Ormik juga diselenggarakan secara online untuk kampus UBSI Karawang, Cikampek, Tasikmalaya, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Tegal , Purwokerto dan Pontianak yang merupakan kampus UBSI yang berada di luar Jabodetabek,” jelasnya.

 

Ia mengemukakan, Ormik UBSI merupakan wujud implementasi UBSI dalam penerimaan mahasiswa baru dengan menghilangkan kebiasaan masa orientasi mahasiswa baru yang sering dibuat dengan gaya perpeloncoan.

Kegiatan yang serentak diadakan online ini dibagi menjadi beberapa akses melalui zoom cloud meetings. Kegiatan  diatur sedemikian rupa  mengikuti di mana mahasiswa baru itu memilih kampus UBSI  cabang apa dan dibagi menjadi beberapa waktu misal ormik di pagi hari, siang dan malam hari.

“Kampus UBSI tidak pernah mengizinkan perpeloncoan, baik dalam bentuk perundungan, kekerasan, atau pelecehan dalam masa penyambutan mahasiswa baru, palagi dalam new normal era ini. Maka dari itu, kampus UBSI mengalihkannya dalam bentuk orientasi akademik (Ormik) yang bernilai edukasi, kreatif dan  inspiratif dalam pengenalan kampus maupun peraturan-peraturan yang ada di kampus UBSI,” tutur Suharyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement