Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Eduardo Camavinga Jadi Debutan Termuda Prancis Sejak 1914

Rabu 09 Sep 2020 09:58 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Eduardo Camavinga

Eduardo Camavinga

Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN HARTMANN
Camavinga mencatatkan debut pada usia 17 tahun 303 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Eduardo Camavinga menjadi pemain termuda Prancis yang mencatat debut timnas senior sejak 1914. Ia tampil memperkuat tim Ayam Jantan menghadapi Kroasia dalam laga UEFA Nations League di Stade de France, Saint-Dennis, Rabu (9/9) dini hari WIB. Camavinga mencatatkan debut pada usia 17 tahun 303 hari. 

Baca Juga

Camavinga masuk pada menit ke-63 menggantikan N'Golo Kante ketika skor masih 2-2. Laga perdananya berakhir manis karena Prancis memperoleh kemenangan 4-2. 

Pada 1914 lalu, nama Maurice Gastiger menjadi pemain termuda saat itu dengan usia 17 tahun 128 hari. Rekor tersebut masih bertahan meski sudah melampaui satu abad lebih. 

"Pertama-tama, saya merasakan kebanggaan untuk keluarga dan seluruh rakyat Prancis. Saya tidak tahu dari mana kepercayaan diri ini muncul. Saya beberapa kali tampil bersama pemain senior dan itu membuat saya lebih dewasa," katanya seperti dilansir Goal International, Rabu (9/9). 

Saat tiba di Clairefontaine, tempat pemusatan latihan timnas Prancis, Camavinga masih berstatus skuat junior. Namun karena Paul Pogba absen, Camavinga akhirnya dipanggil ke tim senior. 

"Tujuan saya adalah kembali tampil (di tim senior). Saya akan berkonsentrasi untuk tampil lebih baik di klub agar bisa dipanggil lagi," ujarnya. 

Ia mengaku terinspirasi oleh Paul Pogba yang menjadi salah satu pemain kunci skuat Les Bleus. Camavinga pun ingin mencetak gol di Piala Dunia seperti yang dilakukan Pogba pada final 2018 lalu.

Camavinga memastikan diri untuk bertahan di Rennes pada musim 2020/21. Real Madrid dikabaran sempat tertarik mendatangkannya ke Santiago Bernabeu. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA