Rabu 09 Sep 2020 08:15 WIB

Alan Smith: Manchester United dan Leeds Sangat Mirip

Smith pemain terakhir yang pindah dari Leeds ke MU.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Alan Smith (tengah) saat masih berkostum MU.
Foto: EPA/Richard Lewis
Alan Smith (tengah) saat masih berkostum MU.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pemain Manchester United dan Leeds United, Alan Smith meyakini kedua tim itu mempunyai kemiripan. Smith adalah pemain terakhir yang melakukan transisi dari Leeds ke MU pada 2004. Hal ini membuatnya berada di posisi yang tepat untuk membandingkan dua klub yang musim ini akan berhadapan langsung di Liga Primer Inggris untuk pertama kalinya setelah 16 tahun.

"Anda tahu gairah yang dimiliki kedua klub dan itulah mengapa saya senang bermain untuk kedua klub itu, hanya karena mereka sangat mirip," kata Smith dikutip dari laman resmi MU, Rabu (9/9).

Apa yang diakatakan Smith bertolak belakang dengan rivalitas yang terjadi di kubu suporter. Dia pun menyadari bahwa ucapannya itu akan menuai kontroversi.

"Penggemar Leeds tidak menyukai saya karena mengatakannya, tapi karakteristik kedua klub sangat-sangat mirip dalam hal kepercayaan, sejarah klub, orang-orang yang terlibat di dalamnya," kata dia.

Bahkan, kata Smith, para penggemar dari kedua pihak pun mempunyai semangat yang sama. "Saya pikir itulah yang membuat transisi saya cukup mudah di tahun pertama itu," ujarnya. "Dan Anda dikelilingi oleh pemain kelas dunia, yang membuatnya sedikit lebih mudah juga," kata dia.

Pertemuan antara Leeds United melawan Manchester United di Elland Road - dan pertandingan sebaliknya di Old Trafford - adalah pertandingan yang akan dicatat oleh banyak The Reds dalam buku harian mereka untuk musim 2020/21, dengan pertemuan Liga Primer Inggris terakhir antara kedua belah pihak terjadi pada Februari 2004.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement