Rabu 09 Sep 2020 07:59 WIB

Ekonomi Halal Global Pada 2024 Capai 3,2 Triliun Dolar AS

Media Islam pennting dalam Ekonomi Halal Global Pada 2024 Capai 3,2 Triliun Dolat AS

Makanan Halal di Moskow, Rusia.
Foto: Google.com
Makanan Halal di Moskow, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI - Ekonomi halal global diperkirakan bernilai 3,2 triliun Dolar AS pada tahun 2024, menurut Buku Panduan Halal edisi kedua yang baru diluncurkan. Buku panduan ini mengungkap tren utama yang akan berdampak abadi pada ekonomi regional dan membantu dalam memberikan gambaran yang jelas tentang ekonomi Islam internasional dan nasional.

Menurut laporan State of the Global Islamic Economy 2019/20, ekonomi Islam bernilai 2,2 triliun dolar AS pada 2018, yang menyumbang 12 persen dari pengeluaran global di sektor makanan, farmasi, dan gaya hidup. Kekuatan belanja juga telah menyaksikan peningkatan yang signifikan dan diatur untuk tumbuh sebesar 6,2 persen tingkat pertumbuhan tahunan gabungan.

Peringkat pertama dalam buku panduan adalah industri makanan dan minuman, dengan total perkiraan nilai sekitar 1,4 triliun dolar AS, sektor ini diharapkan tumbuh mendekati 2 triliun dolar AS pada tahun 2021. Busana sederhana adalah sektor terpopuler kedua, dengan nilai 283 miliar dolar AS. Media bertema Islam, obat-obatan halal, dan kosmetik halal juga telah diidentifikasi oleh buku panduan sebagai pemain kunci dalam perekonomian.

Diluncurkan pada tahun 2017, edisi pertama panduan ini telah terbukti menjadi aset dalam mencapai rencana jangka panjang untuk ekonomi halal yang diinginkan oleh para pemimpin lokal dan regional.

Edisi kedua dari buku panduan tersebut menguraikan peluang pertumbuhan ekonomi Islam halal, termasuk ekosistem pendukungnya, arus perdagangan halal, serta sertifikasi halal dan proses kepatuhan.

Buku panduan tersebut juga menguraikan sejauh mana sektor halal telah dipengaruhi oleh langkah-langkah intensif yang bertujuan untuk memerangi COVID-19.

Dalam ekonomi halal, sektor yang paling menantang adalah perjalanan, keuangan Islam, dan mode sederhana, sementara media dan rekreasi memberikan peluang yang kuat. Rantai pasokan makanan juga sangat terganggu tetapi dengan cepat dipenuhi dengan ketahanan dari ekonomi pasar halal yang secara konsisten berfokus untuk membawa rantai pasokan lebih dekat ke rumah dengan berinvestasi dalam produksi dalam negeri atau mencari mitra rantai pasokan regional yang lebih dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement