Rabu 09 Sep 2020 07:17 WIB

Michelle Obama: Pernikahan Butuh Banyak Pengorbanan

Michelle Obama menyebut tantangan dalam pernikahan tak seharusnya membuat bubar.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan Michelle Obama dan Barack Obama tak lama lagi akan merayakan ulang tahun pernikahan ke-28.
Foto: EPA
Pasangan Michelle Obama dan Barack Obama tak lama lagi akan merayakan ulang tahun pernikahan ke-28.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang ulang tahun pernikahan ke-28, Michelle Obama berbagi rahasia menjalani hubungan jangka panjangnya dengan Barack Obama. Mantan ibu negara AS itu membahas cinta, kencan, dan pernikahannya dengan sang suami saat berbincang dengan pembawa acara TV Conan O'Brien di podcast-nya “The Michelle Obama Podcast.”

Michelle berbicara tentang fakta dia merasa generasi sebelumnya tidak begitu terbuka dalam mengakui kenyataan tentang betapa sulitnya pernikahan. “Pasangan muda, mereka menghadapi tantangan ini dan mereka siap menyerah, karena mereka pikir hubungannya rusak," kata dia seperti dilansir laman The Independent, Selasa (8/9).

Baca Juga

Michelle mengatakan, kalau tantangan bisa merusak pernikahan, maka dirinya dan Barack tentu sudah bercerai dan selesai. Namun, dia dan suaminya justru semakin kuat menjalani pernikahan mereka.

"Jika saya menyerah, jika saya meninggalkannya, di masa-masa sulit itu, maka saya akan merindukan semua keindahan yang ada di sana juga," ujar wanita berusia 56 tahun itu.

Michelle mengatakan, salah satu cara membuat hubungan bertahan lama adalah perlunya melihat semua sisi pasangan. Tak ada cara instan untuk mendapatkan pasangan yang diyakini bisa bersama menjalani hubungan jangka panjang, kecuali mengetahui dasar-dasar menemukan seseorang, jujur tentang keinginan bersama, mengenal satu sama lain dengan serius, berencana membuat komitmen, melihat ke mana arah hubungan, dan kemudian merealisasikannya.

Setelah menayangkan episode tersebut, Michelle mempertimbangkan diskusi dengan O'Brien dalam sebuah unggahan Instagram yang menampilkan gambar dari hari pernikahannya dengan mantan Presiden Barack Obama sejak 1992.

"Pekan lalu di The #MichelleObamaPodcast, Conan dan aku merenungkan pernikahan. Hubungan ini bisa menjadi salah satu bagian paling mendasar dari identitas kami, memberi kami begitu banyak kegembiraan, makna, dan dukungan setiap hari,” tulis Michelle.

Satu hal yang pasti, menurut Michelle, pernikahan juga membutuhkan banyak pengorbanan. Ikatan pernikahan menuntut adanya kejujuran terhadap diri sendiri dan pasangan.

"Itu satu hal yang saya pelajari. Saya ingin mendengar beberapa hal yang telah Anda pelajari tentang pernikahan dan tentang diri Anda,” tulis Michelle yang ditujukan pada pengikutnya agar membagikan pengalaman mereka di kolom komentar.

Michelle sebelumnya juga pernah berbicara secara terbuka tentang naik turunnya hubungan dalam pernikahannya. Pada 2018, dia mengatakan kepada People Magazine bahwa keinginan untuk saling meninggalkan adalah hal normal pada suatu waktu karena itu penting untuk saling jujur tentang masalah dan perasaan masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement