Rabu 09 Sep 2020 07:07 WIB

Kangkung dan Alpukat Bantu Lawan Penuaan dan Maskne

Kangkung dan alpukat disebut sebagai makanan super karena kandungan nutrisinya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang warga memanen sayuran kangkung di kawasan pemukiman penduduk RT 01/01, Kebon Baru, Tebet, Jakarta, Selasa (18/8). Kangkung kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
Foto: Prayogi/Republika
Seorang warga memanen sayuran kangkung di kawasan pemukiman penduduk RT 01/01, Kebon Baru, Tebet, Jakarta, Selasa (18/8). Kangkung kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kangkung, buah beri, alpukat, dan acai beri merupakan daftar makanan super yang terus dikembangkan manfaatnya. Memakannya tidak hanya baik bagi kesehatan, namun juga bermanfaat untuk kecantikan.

Makanan tersebut dapat menutrisi dari dalam serta memberikan keajaiban pada kulit. Kaya akan vitamin, asam lemak, dan antioksidan, sayuran dan buah itu mampu melindung kulit dari luar juga.

Baca Juga

"Makanan ini mengandung berbagai manfaat unik, seperti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau mempercepat respons penyembuhan alami tubuh setelah cedera," kata pendiri merek perawatan kulit Singapura, Rooki Beauty, Hayley Teo.

Sementara itu, jenama kecantikan Singapura lainnya, Sigi Skin, juga menjadikan khasiat dari makanan tersebut sebagai keunggulan produknya. Masalah wajah seperti "maskne" (mask acne) alias jerawat akibat pemakaian masker juga dapat diatasi oleh sayur dan buah-buahan itu.

"Mereka membantu mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari peradangan kulit, melemahnya pelindung kulit hingga masalah penuaan, maupun "maskne" yang diderita hampir semua orang saat ini," ujar pendiri Sigi Skin, Xenia Wong.

Tidak mengherankan jika minat terhadap makanan kaya nutrisi ini meningkat dalam industri perawatan kulit. Teo menjelaskan, makanan super awalnya dimulai sebagai tren kesehatan kemudian meluas ke perawatan kulit.

"Banyaknya manfaat kesehatan dari makanan super membuat banyak orang meminatinya, apalagi banyak penelitian yang menyebut makanan super dapat memberikan manfaat yang sama secara topikal bagi kulit,” jelas Teo.

Namun, penting untuk melihat perawatan kulit makanan super secara holistik. Makanan super di Asia ada yang dianggap sebagai budaya. Matcha, ginseng, dan kunyit banyak hadir dalam tradisi-tradisi penting.

“Makanan super ada juga yang memiliki nilai budaya signifikan dan merupakan bagian besar dari banyak tradisi yang sudah lama dihormati. Banyak dari bahan-bahan ini digunakan baik secara internal maupun eksternal selama berabad-abad dan penelitian hanya mengejar tradisi,” kata Teo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement