Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Sejumlah Tokoh Diklaim akan Gabung Partai Baru Amien Rais

Rabu 09 Sep 2020 06:08 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Amien Rais

Amien Rais

Foto: Republika/Edi Yusuf
Loyalis klaim sejumlah tokoh bakal gabung partai baru Amien Rais.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Loyalis Amien Rais, Agung Mozin menyebut partai baru bentukan mantan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) bakal berisikan sejumlah tokoh nasional. Namun, mantan Ketua DPP PAN itu masih belum mengungkapkan sosok yang bakal bergabung termasuk ketua umum partai tersebut.

"Tapi sudah ada gambaran yang akan bergabung dengan kami tokoh-tokoh besar yang punya agenda kepentingan sektoral mereka yang jadi isu nasional dan internasional," kata Agung Mozin, Selasa (8/9)

Baca Juga

Hal tersebut dia ungkapkan saat dikonfirmasi perihal ketua umum partai. Dia mengatakan, partai kemungkinan akan diramaikan oleh mantan panglima, mantan kapolda, mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga aktivis lingkungan.

Agung mengatakan, bergabungnya matan pimpinan komisi antirasuah berkaitan dengan komitmen partai dalam memerangi korupsi. Dia juga mengonfirmasi bakal ada sosok-sosok yang tergabung dalam organisasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

"Iya iya, ada orang dari sana," singkatnya.

Agung melanjutkan, partai baru tersebut kemungkinan terap bakal diumumkan pada Desember mendatang. Meskipun, sambung dia, tidak menutup peluang kalau partai itu diumumkan lebih cepat. Dia melanjutkan, pengurus partai juga akan sekaligus diumumkan saat deklarasi.

"Bukan deklarasi, pak Amien mengenalkan platform partai. Tetap paling cepat Desember, tapi bisa lebih cepat seperti seakrang ini," katanya.

Dalam sebuah video, Amien Rais mengatakan bahwa dia dan sebagian sahabatnya mengaku prihatin dengan kondisi bangsa dan negara akhir-akhir ini. Menurutnya, banyak indikasi yang menunjukan bahwa Indonesia berada di ambang krisis.

Mantan ketua MPR itu rencananya akan berbicara terkait partai baru yang akan dia dirikan pada Kamis (10/9) nanti. "saya ingin menyampaikan berita yang mungkin sudah banyak ditunggu," kata Amien dalam video pendek tersebut.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA