Rabu 09 Sep 2020 04:58 WIB

Peristiwa Agung Iringi Kelahiran Nabi Ishak

Nabi Ishak merupakan anak Nabi Ibrahim.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Peristiwa Agung Iringi Kelahiran Nabi Ishak
Foto: MgIt03
Peristiwa Agung Iringi Kelahiran Nabi Ishak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Ishak merupakan anak Nabi Ibrahim. Umat Islam memasukkannya sebagai salah satu Nabi yang wajib dipercayai dari 25 Nabi yang ada. Lantas seperti apa kisah tentang Nabi Ishak sendiri beserta kelahirannya?

Dalam buku Sejarah Nabi-Nabi Allah karya Ahmad Bahjat dijelaskan, Alquran memang tidak menyebutkan secara detail kisah Nabi Ishak. Alquran hanya mengabadikan sekilas tentang kisah Nabi Ishak, yaitu soal kejadian luar biasa menjelang kelahirannya.

Baca Juga

Disebutkan, kelahiran Nabi Ishak membawa suatu kejadian yang luar biasa di mana para malaikat menyampaikan berita gembira tentang kelahirannya. Kelahiran Nabi Ishak terjadi setelah beberapa tahun dari kelahiran Nabi Ismail, saudara tirinya.

Saat kelahiran Nabi Ishak, Siti Sarah sang ibunda sangat gembira. Meskipun semasa hidupnya Alquran tidak menjabarkan secara detail tentang Nabi Ishak, namun Allah SWT memuji Nabi Ishak sebagai salah seorang Nabi dari orang-orang yang shaleh.

Meski demikian, tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak mengimani Nabi Ishak sebagai salah satu Nabi yang Allah turunkan ke bumi. Apalagi, beliau merupakan salah satu keturunan dari Nabi Ibrahim yang membawa ajaran monoteisme atau tauhid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement