Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Karyawan Pertamina Kontribusi Penuhi Kebutuhan Darah Jatim

Selasa 08 Sep 2020 19:59 WIB

Red: Gita Amanda

Warga mendonorkan darahnya, (ilustrasi).

Warga mendonorkan darahnya, (ilustrasi).

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Pertamina mengumpulkan 70 kantong darah pada kegiatan donor darah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Karyawan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus berkontribusi memenuhi kebutuhan darah di Kota Surabaya, dan Jawa Timur dengan mengumpulkan 70 kantong darah pada kegiatan donor darah di Gedung Kantor Pertamina MOR V Jagir, Surabaya.

General Manager Pertamina MOR V, CD Sasongko di Surabaya, Selasa mengakui, di masa pandemi COVID-19 jumlah pendonor darah di Jatim menurun hingga 60 persen, karena ada kekhawatiran yang timbul dari calon pendonor terkait keamanan dari paparan Covid-19 pada saat transfusi dilakukan.

"Oleh karena itu, kami mengajak karyawan Pertamina yang biasa dipanggil Perwira untuk berbagi dalam kegiatan sosial donor darah, sebagai bentuk kepedulian sosial Pertamina terhadap sesama, terutama di masa pandemi," kata Sasongko, dalam keterangan persnya.

Ia mengatakan, kegiatan donor darah ini dilakukan dengan kerja sama Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Surabaya, dan dilakukan denganpenapisan (screening) non-reaktif melalui rapid test.

"Selain penapisan yang dilakukan, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat dalam kegiatan ini, mulai dari penggantian alas duduk dan alas tidur untuk setiap calon pendonor, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) terstandar, masker, shower cap, dan hazmat bagi personil transfusi. Selain itu dengan tetap menjaga jarak, dan wajib mencuci tangan sepanjang proses donor dilakukan," katanya.

Dalam kegiatan itu terkumpul 70 kantong darah dari 64 orang pendonor, hasil ini masih sesuai target panitia pelaksana yaitu 165 kantong dalam dua hari pelaksanaan, namun panitia tetap menyiapkan kantong darah yang lebih dari jumlah target awal.

"Jumlah yang dicapai hari ini diharapkan dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur yang mengejar kebutuhan jmlah kantong darah setidaknya 2 persen dari total jumlah penduduk di Jawa Timur setiap tahunnya," katanya.

Ia berharap, kegiatan yang juga diikuti GM Pertamina MOR V beserta Team Management itu dapat meningkatkan rasa kepedulian serta mengurangi kekhawatiran untuk berbagi para pendonor untuk membantu sesama. "Semoga antusiasme ini akan terus dilaksanakan dan mungkin cakupan wilayahnya akan ditambah lagi dengan memberikan kesempatan lebih banyak lagi peserta," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA