Selasa 08 Sep 2020 15:47 WIB

Berbagai Sanjungan untuk James Rodriguez

James resmi jadi bagian dari Liga Primer Inggris.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
James Rodriguez melepas jersey Real Madrid untuk gabung Everton.
Foto: EPA-EFE/Juan Carlos Hidalgo
James Rodriguez melepas jersey Real Madrid untuk gabung Everton.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Seorang pesepak bola yang memperoleh pengakuan nasional setelah penampilan luar biasa di turnamen sepak bola muda utama Kolombia pada usia 11 dan melakukan debut profesionalnya pada usia 14. Dialah James Rodriguez yang  telah menarik banyak perhatian dalam satu setengah dekade terakhir.

Berbagai kalangan elite sepak bola mempunyai kesan terhadap pemain yang baru saja menandatangani kontrak dengan Everton itu. 

Everton menebus James senilai 20 juta poundsterling dengan kontrak hingga Juni 2022 dengan opsi perpanjangan setahun. Berikut adalah komentar terkait James Rodriguez, dikutip dari laman klub, Selasa (8/9).

"Saya tidak berpikir tidak mungkin ada orang seperti saya. Ternayat ada James. Dia sangat bagus dan salah satu yang terbaik di dunia. Mengapa dia tidak bisa menjadi yang terhebat," kata pemegang rekor penampilan terbanyak Timnas Kolombia, Carlos Valderrama pada 2017.

Pada tahun 2014, Valderrama pernah mengatakan, James Rodriguez akan menjadi bintang besar berikutnya, tidak hanya sekarang tapi untuk 10 tahun ke depan. Dia menilai James unik dan memiliki gairah lebih dari pemain mana pun yang pernah dilihatnya.

"Dia memiliki potensi untuk menjadi pemain Kolombia terhebat yang pernah ada, dan mungkin salah satu yang terbaik untuk memainkan permainan ini," kata dia saat James mengkilap di Piala Dunia 2014.

Senada dengan itu, Arsene Wenger mengatakan James mempunyai kelebihan dalam kecerdasan passingnya, keluwesannya dan kefasihan permainannya. Selain itu, kecepatannya pengambilan keputusan, umpan penetrasi yang dibuat James benar-benar fantastis

"Anda hanya ingin melihatnya menguasai bola dan ketika Anda ingin seseorang memiliki bola, itu selalu merupakan pertanda kualitas yang luar biasa dan dia pasti memilikinya," kata Wenger pada 2014 lalu.

Selanjutnya, David Beckham bahkan mengaku kerap mendengar tentang James usai Piala Dunia 2014. "Orang-orang mengatakan kepada saya bahwa dia adalah talenta yang hebat, dengan naik ke panggung dunia pada usianya dan bermain dengan cara dia bermain, menunjukkan betapa berbakatnya dia," kata Beckham.

“Golnya (melawan Uruguay) bagi saya adalah salah satu yang terbaik di turnamen, sebagai pemain muda yang bisa memiliki pemikiran itu. Baik dari cara dia bergerak ke dalam bola maupun cara dia berbalik dan memukul bola itu," kata Becks.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement