Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Umma Rilis uClass, Fitur Belajar Digital untuk Muslim

Selasa 08 Sep 2020 14:47 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Peluncuran platform belajar digital untuk Muslim, uClass, dari Umma secara daring disimak di Jakarta, Selasa (8/9).

Peluncuran platform belajar digital untuk Muslim, uClass, dari Umma secara daring disimak di Jakarta, Selasa (8/9).

Foto: Santi Sopia/Republika
UClass dari umma memungkinkan Muslim untuk belajar dengan fitur yang interaktif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belajar agama bisa dilakukan di mana saja, termasuk secara digital. Belajar pun bisa menjadi lebih mudah dan fleksibel ketika bisa bertatap muka langsung melalui perangkat elektronik, seperti yang diperkenalkan umma dengan uClass-nya.

Fitur terbaru dari umma, sebuah platform komunitas dan gaya hidup Muslim, itu merupakan e-learning Muslim pertama di Indonesia ini memiliki kurikulum yang komprehensif. UClass juga menyediakan fitur yang interaktif untuk mengajak masyarakat #JadiMuslimCerdas.

CEO dan Co-Founder umma Indra Wiralaksmana mengatakan, pengembangan fitur ini bermula sejak Ramadhan yang masih dibayangi pandemi Covid-19, sehingga ada keterbatasan belajar atau mengikuti ceramah pemuka agama di majelis-majelis. Dengan adanya uClass, diharapkan Muslim lebih baik dan produktif.

"Masyarakat kini memiliki kebutuhan religi yang semakin meningkat, melalui uClass, umat Islam bisa belajar mulai dari membaca Alquran hingga belajar beragam topik lainnya,” kata Indra dalam peluncuran uClass secara daring disimak di Jakarta, Selasa (8/9).

Fitur uClass bertujuan memberikan kesempatan belajar berbagai topik keislaman, baik belajar baca Alquran maupun kelas yang sifatnya praktik dan pragmatis yang relevan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.  Sebagai solusi #JadiMuslimCerdas, uClass menghadirkan seamless learning experience

Pemateri bisa mengatur ruang kelas, mengunggah materi kelas dan video serta tugas-tugas untuk peserta, melakukan siaran langsung, hingga membuat forum dan berdiskusi dengan peserta dalam satu platform yang sama. Dikurasi dan disusun umma bersama pemateri, kurikulum uClass diatur bertahap dan terstruktur sesuai tingkat pembelajaran pengguna.

Salah satu materi unggulan yang ada di uClass adalah belajar Alquran untuk orang dewasa dan anak-anak. Kelas BBQ (Belajar Baca Quran) di uClass kurikulumnya disusun secara sistematis dan dibagi menjadi beberapa jenjang yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman pengguna. 

Tidak hanya untuk orang dewasa, kelas BBQ untuk anak-anak juga tersedia di uClass. Fitur Al-Qur’an di umma tersedia gratis dan tanpa iklan.

"Namun, September ini ada promo cukup bayar paket Rp 100 ribu untuk mengakses fitur berbayar yang nilainya sampai Rp 1,7 juta," kata Indra.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA