Selasa 08 Sep 2020 13:15 WIB

5.830 Mahasiswa Baru UII Ikuti Kuliah Perdana Daring

Persebaran mahasiswa baru UII berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UII Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UII Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menggelar kuliah perdana untuk tahun akademik 2020/2021. Pandemi Covid-19 yang belum mereda di Indonesia membuat kuliah harus dihelat daring, disaksikan langsung di YouTube UII.

Rangkaian kuliah perdana mahasiswa baru dimulai sambutan Rektor UII, Prof Fathul Wahid, diikuti serah terima dari perwakilan orang tua mahasiswa ke UII. Setelah itu, mahasiswa-mahasiswa baru diberikan motivasi dari alumnus.

Tahun ini, pemberian motivasi diberikan alumnus Prodi Ilmu Kimia, Khoiria Oktaviani, yang saat ini merupakan Manager Komunikasi Kementerian ESDM. Khoiria akan membawakan materi dengan tema Mantapkan Hati Merajut Mimpi.

Kuliah perdana ini diikuti sebanyak 5.830 mahasiswa baru program diploma dan sarjana secara daring dan bersamaan dari rumah masing-masing. Tahun akademik 2020/2021 ini saja, ada 25.720 pendaftar untuk program diploma dan sarjana.

Adapun persebaran mahasiswa baru UII berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Selain dari provinsi-provinsi di Pulau Jawa, pendaftar UII berdatangan dari Kalimantan Timur, Riau, Sumatra Selatan, Lampung, dan Nusa Tenggara Barat.

"Setelah melalui proses seleksi UII juga menerima 66 mahasiswa internasional dari Yaman, Thailand, Suriah, Palestina, India, Pakistan, Nigeria, dan sebagainya," kata Kepala Bidang Humas UII, Ratna Permata Sari, Selasa (8/9).

UII turut memberikan beasiswa bagi 195 mahasiswa. Antara lain melalui jalur seleksi beasiswa hafiz Alquran, beasiswa dhuafa, beasiswa Pondok Pesantren UII, beasiswa atlet dan juara seni, serta beasiswa Kartu Indonesia Pintar.

Setelah mengikuti kuliah perdana, secara daring mahasiswa mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru dengan tajuk Pesona Ta'aruf (Pesta) 9-13 September 2020. Lalu, Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI) 1 pada 15-17 September 2020.

Selanjutnya, orientasi mahasiswa baru tingkat fakultas pada 19-24 September 2020. Sesuai Surat Edaran Rektor, perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021 tetap diselenggarakan daring, dan dimulai pada 28 September 2020.

"Telah disediakan laman website sambut.uii.ac.id agar mahasiswa baru tetap merasa terhubung, bisa mengikuti informasi terbaru dan bergabung dalam rangkaian proses kegiatan mahasiswa baru," ujar Ratna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement