Selasa 08 Sep 2020 08:13 WIB

Komik Laksamana Agridaya Masuk Canvas Top 30 di Line Webtoon

Isinya perwujudan tujuh nilai budaya korporat yang diterapkan IPB University.

Komik digital berjudul Laksamana Agridaya, buah karya para mahasiswa IPB University.
Foto: Dok IPB University
Komik digital berjudul Laksamana Agridaya, buah karya para mahasiswa IPB University.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- “Ingat... usia kita hanya satu warsa, siapkan diri kalian.”

“Baik, Andamaru.”

“Tapi di mana kita mengadakan ritual Dedhes Panukma (red: mencari calon titisan) ini?”

“Masih sama... setelah bertemu mereka, bawa mereka ke sini.”

Percakapan di atas merupakan penggalan kisah dalam komik digital berjudul Laksamana Agridaya, buah karya para mahasiswa IPB University dalam menyambut calon mahasiswa baru. Laksamana Agridaya diambil dari nama angkatan mahasiswa baru IPB University angkatan 57. Komik ini telah dirilis sejak April lalu di aplikasi baca komik digital Line Webtoon.

Laksamana Agridaya mengisahkan pencarian pemimpin baru di sebuah kerajaan bernama Arkara Digdaya. Pemimpin baru tersebut dicari oleh lima pemuda pilihan dari berbagai wilayah di Nusantara yang sama-sama memiliki cita-cita untuk mewujudkan pertanian Nusantara yang sakti dan tak terkalahkan.

“Cerita yang dibuat merupakan perwujudan dari tujuh nilai budaya korporat yang diterapkan oleh IPB University. Cerita dikemas dengan alur yang ringan agar nilai yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Pemgembangan Karier IPB University, Dr Alim Setiawan Slamet dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Desain komik juga dibuat semenarik mungkin agar mampu memikat hati para pembaca. Latar belakang komik ini diambil dari berbagai tempat di IPB University agar para pembaca, terutama para calon mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan kampus IPB University lebih dalam.

Dr Alim menyebutkan, sejak awal rilis, komik yang digawangi oleh divisi Desain, Dekorasi dan Branding (DDB) dalam kepanitiaan Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University mendapat antusiasme yang besar dari pembaca line webtoon. Hasilnya, komik ini sukses menduduki peringkat dua dalam daftar komik Canvas Top 30 bergenre fantasi hanya beberapa jam setelah dirilis. Tidak berhenti di situ, komik ini berhasil menduduki posisi puncak daftar tersebut dan menempati peringkat sebelas dalam keseluruhan genre pada (1/5).

Komik ini diharapkan dapat memberikan warna baru dan menjadikan acara penyambutan mahasiswa baru di IPB University berbeda dari acara serupa di perguruan tinggi lain. “Panitia berharap dengan adanya komik ini, mahasiswa baru dapat mengenang acara penyambutan mereka di kampus IPB University sebagai kenangan manis,” kata Alim.

photo
Komik Laksamana Agridaya IPB University masuk Canvas Top 30 di Line Webtoon.  (Foto: Dok IPB University)

Ia menjelaskan, seluruh episode komik Laksamana Agridaya telah diluncurkan dan sejauh ini telah menarik 42.696 pembaca dengan rating mencapai angka 9,73. Komik ini dapat dibaca oleh berbagai kalangan melalui aplikasi Line Webtoon yang dapat diunduh secara gratis di gawai pribadi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti keseruan komik ini, caranya cukup mudah. Pastikan Anda memiliki akun Line untuk proses registrasi di aplikasi Line Webtoon. Setelah proses registrasi berhasil, ketik Laksamana Agridaya di kolom pencarian untuk mulai membaca. Atau Anda dapat mengakses link ipb.link/laksamana-agridaya untuk lebih mudah lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement