Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Raisa Berbagi Tips Atasi Anak Susah Minum Air Putih

Selasa 08 Sep 2020 08:10 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Segelas air putih. Orang tua perlu memberi contoh kebiasaan minum yang baik bagi anaknya.

Segelas air putih. Orang tua perlu memberi contoh kebiasaan minum yang baik bagi anaknya.

Foto: Sciencealert
Raisa termasuk orang tua yang tak bergelut dengan masalah anak susah minum air putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asupan air putih yang cukup merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, sebagian anak cenderung enggan atau malas untuk minum air putih secara rutin.

Penyanyi Raisa Andriana merupakan salah satu orang tua yang tak harus bergelut dengan masalah ini. Raisa mengatakan bahwa putrinya, Zalina Rayne Wyllie, sangat suka minum air putih.

"Alhamdulillah anak aku suka banget minum air putih," ujar Raisa melalui webinar "Ibu Sehat, Keluarga Sehat" yang diselenggarakan Danone-AQUA, pekan lalu.

Istri dari Hamish Daud ini juga mengatakan anaknya memiliki kebiasaan lucu ketika minum air putih. Raisa mengatakan, Zalina yang lahir pada 12 Februari 2019 suka minum air putih langsung dari botol kemasan karena kerap melihat Raisa dan Hamish melakukan hal tersebut.

Raisa mengungkapkan beberapa trik yang dia lakukan untuk membuat sang anak gemar minum air putih. Salah satunya adalah dengan memberikan contoh rajin minum air putih.

Trik kedua yang Raisa lakukan adalah tidak memperkenalkan minuman manis atau berperasa terlalu dini pada anak. Saat ini, Raisa mengatakan anaknya mendapatkan asupan minum dari ASI dan air putih.

Psikolog Anak dan Co-Founder Rumah Konsultasi Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima MPsi menilai cara yang dilakukan Raisa dengan menjadi role model sudah tepat. Orang tua bisa memberikan contoh mengenai kebiasaan minum yang baik.

"Mencontohkan kita minum pada saat kapan saja, minum jangan menunggu haus," jelas Saskhya.

Selain itu, orang tua juga bisa menempatkan air minum di tempat-tempat yang mudah terlihat dan terjangkau oleh anak. Dengan begitu, anak bisa minum air putih dengan lebih mudah.

Hal lain yang bisa dilakuakn orangt ua untuk memotivasi anak agar suka minum air putih adalah dengan menyediakan wadah minum yang menarik. Orang tua bisa menempelkan stiker karakter yang disukai anak pada wadah minum mereka.

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada anak ketika mereka minum. Buat anak menyadari bahwa dia telah melakukan sesuatu yang baik ketika dia minum air putih.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA