Senin 07 Sep 2020 21:26 WIB

Posisi Krusial yang Harus Dimiliki Manchester City

ada posisi lain yang benar-benar dibutuhkan oleh Manchester City

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Manchester City Pep Guardiola.
Foto: DOK Republika
Pelatih Manchester City Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Semua pusat perhatian sepak bola Eropa tertuju pada gagalnya usaha Manchester City untuk membawa Lionel Messi ke Liga Primer Inggris. Messi lebih memilih untuk tetap bersama Barcelona.

Kini, sudah saatnya Manchester City fokus untuk perekrutan lainnya. Meski mendatangkan Messi adalah sesuatu yang luar biasa, tapi ada posisi lain yang benar-benar dibutuhkan oleh Manchester City, bek kiri.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola berada dilema untuk bisa memilih bek kiri pilihan pertama jelang musim baru. Dia mengantongi beberapa nama, namun semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dilansir dari laamn Manchester Evening News, Chelsea baru saja merekrut pemain asal Belanda, Nathan Ake. Memiliki keahlian di bek tengah, Ake nyatanya bisa mengisi posisi bek kiri. Manchester City pun tengah mengincar pemain bek tengah Napoli, Kalidou Koulibaly.

Padahal Manchester City memiliki sosok Benjamin Mendy. Secara teknis, Mendy menjadi salah satu yang terbaik, dengan penguasaan bolanya yang nyaman, Mendy ini tampak cocok dengan Guardiola.

Sayangnya, cedera telah mengganggu karier Mendy. Kemunduran pun terlihat jelas dibandingkan ketika dia datang ke Inggris pada 2017 lalu.

Dia pun terancam tidak bisa diandalkan untuk lini pertahanan tim. Dia hanya berhasil bermain di 18 laga selama Liga Premier musim lalu, tak heran jika Manchester City mempertimbangkan posisi bek kirinya.

Di sisi lain ada nama pemain muda berbakat Manchester City, Oleksandr Zinchenko. Dia gemar melakukan esperimen dan dari sana dia tahu bahwa dia bisa sukses sebagai bek kiri.

Namun nyatanya Zinchenko lebih sering tampil dengan baik ketika di posisi sayap kiri. Jika dia diminta untuk melakukan pertahanan, retakan di lini tengah kemudian muncul.

Pemain bek kanan Manchester City, Joao Cancelo pun lebih sering diminta untuk mengisi posisi bek kiri jelang akhir musim lalu. Dia pun bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

Meski demikian, Cancelo yang menguasai kaki kanan bisa menghambat pergerakannya sendiri ketika menguasai sisi kiri. Guardiola bisa saja mengasahnya lebih jauh, sehingga bek kanan bisa diisi oleh Kyle Walker.

Sementara itu, penampilan apik ditunjukkan oleh Angelino Masa yang menghabiskan paruh kedua musim lalu sebagai pemain pinjaman di RB Leipzeig. Tampil dengan mengesankan di Bundesliga, tentu bisa digunakan Masa untuk meraih hati Guardiola.

Namun masa depan Angelino Masa masih belum jelas. Ada dugaan bahwa Angelino ingin kembali ke Leipzig secara permanen dengan izin dari Etihad.

Di sisi lain, Manchester City gagal mengambil hati Ben Chilwell yang akhirnya lebih memilih ke Chelsea. Mereka pun dikaitkan erat dengan pemain Bayern Munich, David Alaba yang punya hubungan dengan Guardiola.

Namun Alaba dinilai terlalu mahal bagi City dan tidak mungkin merogoh kocek dalam bagi pemain bek sayap.  Nampaknya, Manchester City hanya akan memaksimalkan pemain yang berposisi bek kiri dibandingkan merekrut pemain anyar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement