Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Indonesia Resmi Miliki Kawasan Industri Halal Pertama

Senin 07 Sep 2020 20:40 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda

Strategi Akselerasi Pengembangan Kawasan Industri Halal

Strategi Akselerasi Pengembangan Kawasan Industri Halal

Foto: ANTARA/Republika.co.id
Hadirnya Kawasan Industri Halal akan mendorong perkembangan industri produk halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia resmi memiliki Kawasan Industri Halal pertama yakni Modern Halal Valley di Cikande, Banten. Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Afdhal Aliasar, menyampaikan ini merupakan langkah konkret perwujudan strategi besar masterplan Pengembangan Ekonomi Syariah Indonesia.

"Alhamdulillah, Indonesia saat ini telah memiliki Kawasan Industri Halal yang ditetapkan secara resmi oleh Pemerintah," katanya kepada Republika, Senin (7/9).

Penetapan ini setelah melalui proses verifikasi kesesuaian yang ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian bersama-sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu juga berkat dorongan kuat yang diberikan oleh KNEKS yang beranggotakan Kementerian Perindustrian, Kementerian Agama, serta stakeholder lainnya.

Afdhal mengatakan, hadirnya Kawasan Industri Halal ini akan mendorong perkembangan industri produk halal di Indonesia untuk lebih maju lagi. Termasuk dalam memproduksi semakin banyak produk halal yang berkualitas baik untuk pasar konsumsi dalam negeri maupun untuk melayani kebutuhan produk halal dunia.

"Ini adalah bagian dari perwujudan strategi besar Masterplan Pengembangan Ekonomi Syariah Indonesia, alhamdulillah satu persatu kita wujudkan secara konkret," katanya.

Lebih lanjut, Afdhal mengatakan ini juga merupakan langkah awal untuk memperbaiki posisi Indonesia yang saat ini terkenal sebagai negara konsumen produk halal. Ke depan, Indonesia bisa menjadi produsen produk halal terkemuka di dunia dengan adanya kawasan halal terintegrasi.

Dalam keterangan resmi, Modern Halal Valley merupakan zona industri pertama di Indonesia yang menerima sertifikat zona industri halal dari Kementerian Perindustrian pada 2 September 2020. Ini merupakan langkah signifikan bagi Modern Halal Valley karena memungkinkan operasional pengembangan ekosistem halal.

Modern Halal Valley terletak di atas lahan seluas 500 hektar yang terus berkembang. Di dalamnya terdiri dari zona industri halal dengan konsep ramah lingkungan dan menganut nilai-nilai syariah dalam pengembangannya.

Modern Halal Valley terdiri dari klaster halal yang menawarkan sinergi dan inovasi untuk industri beserta seluruh rantai pasoknya. Melalui Halal Cluster Network yang sudah diluncurkan sejak 2019, kawasan ini menggabungkan kebutuhan halal lokal, regional, maupun internasional.

Modern Halal Valley terletak di Moderncikande Industrial Estate di Banten. Letaknya terhubung langsung dengan akses Gerbang Toll Cikande, pelabuhan Jawa, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, juga kawasan metropolitan Jakarta sehingga posisinya sangat strategis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA