Senin 07 Sep 2020 18:58 WIB

Anti-Islam di India dan Myanmar, Facebook Bias?

Facebook disebut berpihak terhadap anti-Islam di India dan Myanmar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Facebook disebut berpihak terhadap anti-Islam di India dan Myanmar.  Facebook.
Foto: AP
Facebook disebut berpihak terhadap anti-Islam di India dan Myanmar. Facebook.

REPUBLIKA.CO.ID, Mark Zuckerberg pendiri dan CEO Facebook mengklaim menentang penggunaan portal media sosialnya yang populer untuk menyebarkan kebencian. 

Dia mengatakan bahwa tidak ada tempat untuk perkataan yang mendorong kebencian atau konten yang mendorong kekerasan. Bisakah kita mempercayainya? Seberapa serius dia memastikan klaimnya? Apakah dia siap untuk melakukan pembicaraan?

Baca Juga

Bagaimana pun, tuduhan telah dibuat selama beberapa tahun bahwa Facebook telah terlibat dalam kejahatan rasial terhadap minoritas di banyak bagian dunia. 

Pertimbangkan, misalnya kasus masyarakat penganut Buddha Myanmar di mana kejahatan genosida dilakukan setidaknya sejak 2012. Pada Agustus 2017, militer Myanmar melancarkan yang disebut 'operasi pembersihan' di Negara Bagian Rakhine (Arakan), rumah bagi etnis minoritas Rohingya dan lainnya. 

Selama beberapa pekan, tentara melakukan kekejaman di wilayah tersebut, membunuh ribuan orang, melakukan pemerkosaan massal, membakar desa-desa hingga rata dengan tanah, dan memaksa eksodus hampir satu juta orang Rohingya. 

Kebanyakan mereka melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh. Operasi pembersihan itu digambarkan komunitas internasional sebagai kejahatan genosida.

Berdasarkan artikel yang ditulis Habib Siddiqui dan dipublikasikan Asian tribune. Pada September 2018, dalam sebuah laporan tentang situasi di Myanmar, Misi Pencari Fakta Internasional Independen PBB di Myanmar menyoroti peran yang dimainkan Facebook dalam menciptakan lingkungan yang memungkinkan di negara tersebut untuk melakukan kekejaman.

Dalam laporan Maret 2018 tentang krisis Rohingya, Marzuki Darusman Kepala Misi Pencari Fakta PBB di Myanmar mengatakan, Facebook secara substansial berkontribusi pada tingkat kepahitan dan perselisihan serta konflik di Myanmar. "Ujaran kebencian tentu saja bagian dari itu," kata Darusman. 

Nathaniel Gleicher, Kepala Kebijakan Keamanan Siber Facebook mengakui bahwa platform tersebut secara diam-diam menyebarkan propaganda yang terkait dengan militer Myanmar (Tatmadaw), yang lebih jauh terkait dengan genosida Muslim Rohingya.

Meskipun Facebook tidak secara langsung terlibat dalam tindakan keji ini, tapi platform membiarkan bagi kebencian untuk tumbuh dan menyebar pada tingkat yang lebih luas daripada yang pernah terjadi dalam sejarah.

Sekarang dengan berita terbaru tentang penyebaran sentimen anti-Muslim Facebook di India dan membantu partai yang berkuasa, Partai Bhartiya Janata (BJP) untuk menciptakan sentimen kebencian, perdebatan sekali lagi mengenai kredibilitas dan struktur kekuasaan Facebook. Banyak Muslim telah digantung sampai mati di tangan fasis Hindutvadi di India.

The Wall Street Journal (WSJ) menemukan sedikit bukti dari para pemimpin fasis Hindutvadi seperti Kapil Mishra yang secara aktif menghasut kekerasan di India dan menyebabkan Kerusuhan Delhi 2020, tanpa ditandai di platform media sosial. 

Pemimpin BJP lainnya, T Raja Singh dari negara bagian Telangana secara terbuka menyerukan pembantaian Muslim Rohingya dan mengancam akan menghancurkan masjid. Dia juga dituduh menghasut kekerasan dan kebencian terhadap komunitas Muslim India.

Sementara staf keamanan online Facebook memulai pelarangan pada akunnya, Ankhi Das. Direktur Kebijakan Publik Facebook India, turun tangan untuk menghentikan pelarangan itu.

Menurut Wall Street Journal, Das menyatakan dukungannya untuk BJP dan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam komunikasi internal perusahaan. Dia merayakan kemenangan pemilihan Modi pada 2014 dan meremehkan lawan-lawannya. 

"Butuh tiga puluh tahun kerja akar rumput untuk menyingkirkan India dari negara sosialisme akhirnya," kata Das memuji Modi sebagai orang kuat. Dia juga berbagi postingan yang menggambarkan Muslim India sebagai komunitas yang merosot. 

Das termotivasi untuk tidak mencegah perkataan yang mendorong kebencian karena menghukum pelanggar dari politisi partai Modi akan merusak prospek bisnis perusahaan di negara tersebut. Insiden ini termasuk dalam agenda berurutan untuk mendorong cita-cita Hindutvadi fasis di India, sejalan dengan partai yang berkuasa di negara itu, yang merupakan pasar besar Facebook, dengan 290 juta pengguna.

Menghadapi banyak kritik, baru-baru ini raksasa media sosial tersebut dikabarkan telah menutup akun Raja Singh karena postingan yang melanggar kebijakannya yang mempromosikan kekerasan dan kebencian.

Peran teduh Facebook dalam politik India, bersujud dengan fasis Hindutvadi, dengan harga tertentu, telah terlihat jelas selama hampir satu dekade. Tapi akibat dari itu terekspos di The Wall Street Journal yang mengungkapkan rupa buruk yang sebenarnya.  

Pengungkapan The Wall Street Journal datang 115 hari setelah Facebook menginvestasikan 5,7 miliar dolar AS di Platform Jio Mukesh Ambani, menunjukkan bagaimana pembangkit tenaga listrik dan raksasa teknologi dari Nariman Point hingga Menlo Park banyak berinvestasi dalam politik India saat ini yang mengeksploitasi garis patahan sosial dan komunal.

Pengungkapan seperti itu dari The Wall Street Journal seharusnya tidak mengejutkan siapa pun. Pada Juli 2014, COO Facebook Sheryl Sandberg bertemu Perdana Menteri Narendra Modi. Selama kunjungannya ke AS pada tahun 2015, Narendra Modi memeluk Mark Zuckerberg sebelum rapat di kantor pusat Facebook di Menlo Park, Kalifornia.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement