Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Calon Kepala Daerah di Jabar Jalani Tes Kesehatan di RSHS

Senin 07 Sep 2020 14:21 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Yudha Manggala P Putra

[Ilustrasi]

[Ilustrasi]

Foto: Prayogi/Republika
Calon kepala daerah menjalani pemeriksaan selama dua hari termasuk uji usap Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bakal pasangan calon kepala daerah di tujuh kabupaten/kota yang menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) di Provinsi Jawa Barat mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Mereka akan menjalani pemeriksaan selama dua hari termasuk pemeriksaan uji usap Covid-19.

"42 orang (peserta yang diperiksa) dari 7 kabupaten-kota di Jawa Barat," ujar Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah di Jawa Barat, dr. Erwan Martanto, Senin (7/9).

Menurutnya, sebagian peserta yang sudah datang ke RSHS di tes uji usap dan yang peserta lainnya melakukan beberapa tes seperti psikotes, dan mengisi berkas formulir. Ia mengatakan, jika hasil uji usap negatif maka akan dilaksanakan pemeriksaan lainnya.

"Kalau hasilnya negatif maka akan dilakukan pemeriksaan pendahuluan seperti pemeriksaan penyakit dalam, bedah ortopedi, bedah urologi," katanya.

Katanya, bakal pasangan calon kepala daerah akan diperiksa sebanyak 15 item selama dua hari berturut-turut. Menurutnya, pemeriksaan lainnya yaitu usg perut, treadmil, mata, gigi dan mulut serta khusus peserta wanita dari kebidanan.

"Hari ini 8 (peserta) besok 16 dan terakhir 18 itu sesuai jumlah yang didaftarkan KPU," katanya.

Erwan menambahkan, dokter yang bertugas berjumlah 75 orang bergantian melakukan pemeriksaan. Menurutnya, pihaknya menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, face shield, dan menjaga jarak.

"Protokol kesehatan dilaksanakan jangan menularkan dan jangan tertular," ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA