Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Bank Muamalat Siap Gaet Pasar Ritel Wakaf Uang

Senin 07 Sep 2020 07:15 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha

Petugas melayani nasabah di di kantor pusat Bank Muamalat, Jakarta, Selasa (9/10).Tingkat literasi tentang wakaf uang di Indonesia masih cukup rendah.

Petugas melayani nasabah di di kantor pusat Bank Muamalat, Jakarta, Selasa (9/10).Tingkat literasi tentang wakaf uang di Indonesia masih cukup rendah.

Foto: Republika/Prayogi
Tingkat literasi tentang wakaf uang di Indonesia masih cukup rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Muamalat siap menggaet pasar ritel untuk terlibat dalam Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) seri kedua. Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat, Hayunaji mengatakan Bank Muamalat akan melakukan sosialisasi dan kampanye pada nasabah.

"Untuk menggaet potensi wakif perorangan agar berperan serta membeli SW002, BMI (Bank Muamalat Indonesia) akan melakukan sosialisasi dan campaign kepada nasabah maupun market ritel tentang instrumen SW002 dan apa manfaatnya," katanya kepada Republika.co.id, Ahad (6/9).

Bank Muamalat sangat berharap agar kegiatan sosialisasi dan kampanye ini secara simultan juga dilakukan oleh para stakeholder yang terlibat, terutama pemerintah. Sosialisasi tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan.

Baca Juga

Hal ini disebabkan oleh masih rendahnya tingkat literasi tentang wakaf uang di Indonesia. Di sisi lain, menyasar existing investor juga sangat diperlukan edukasi dan literasi. Mengingat salah satu faktor pertimbangan utama investor adalah besarnya return.

Padahal dalam Sukuk Wakaf, return yang berupa kupon tidak didapat oleh investor, melainkan penerima manfaat wakaf. Kupon akan dimanfaatkan untuk disalurkan kepada para penerima manfaat dalam sejumlah program yang sudah disiapkan oleh nazhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA