Senin 07 Sep 2020 04:56 WIB

Jerman Kembali Ditahan Imbang di UEFA Nations League

Ilkay Guendogan membawa Jerman unggul, namun disamakan Silvan Widmer.

Kapten Jerman Toni Kroos (kanan) dan rekannya Ilkay Guendogan berjalan gontai seusai gagal menaklukkan Swiss pada laga UEFA Nations League.
Foto: EPA-EFE/PETER KLAUNZER
Kapten Jerman Toni Kroos (kanan) dan rekannya Ilkay Guendogan berjalan gontai seusai gagal menaklukkan Swiss pada laga UEFA Nations League.

REPUBLIKA.CO.ID, BASEL -- Jerman masih menunggu kemenangan pertama mereka di UEFA Nations League setelah mereka ditahan imbang 1-1 oleh Swiss pada Senin (7/9) dini hari WIB. Ilkay Guendogan membawa Jerman unggul, namun disamakan Silvan Widmer untuk membuat laga imbang 1-1 di Stadion St. Jakob-Park, Basel, Swiss.

Ini hasil imbang kedua Jerman di Grup 4 Liga A (A4) atau divisi tertinggi di kompetisi antarnegara Eropa yang memasuki musim kedua. Sebelumnya, Jerman ditahan Spanyol 1-1.

Baca Juga

Hasil ini menempatkan Jerman di posisi ketiga dengan nilai dua. Sementara Swiss di peringkat buncit dengan nilai satu setelah sebelumnya takluk 1-2 dari Ukraina.

Pelatih Jerman Joachim Loew merasa frustrasi dengan kegagalan timnya memanfaatkan keunggulan awal mereka. "Kami tidak memanfaatkan peluang kami untuk mencetak gol kedua dan membiarkan Swiss mengambil kendali di babak kedua. Pada akhirnya saya pikir imbang adalah hasil yang tepat," katanya.

Ia mengatakan, timnya harusnya mencetak satu gol tambahan lagi. Dengan begitu, Swiss akan kesulitan untuk bangkit.

Loew kembali menerapkan pertahanan dengan tiga bek dan timnya unggul cepat. Matthias Ginter, meski dikepung oleh lima pemain bertahan, mengembalikan bola ke Gundogan yang melepaskan tembakan ke tiang dekat dari jarak 20 meter. Skor 1-0 untuk Jerman pada menit ke-14.

Julian Draxler seharusnya menggandakan keunggulan tak lama kemudian, tetapi ia memilih langsung menembak ke arah Sommer.

Swiss gagal menyamakan skor setelah Haris Seferovic gagal menendang dengan sempurna di depan gawang dari jarak enam meter. Percobaan striker Benfica itu juga membentur tiang sebelum turun minum.

Babak kedua, aksi Breel Embolo dari lini tengah terus-menerus mengganggu pertahanan Jerman. Ia akhirnya mengatur gol penyeimbang yang dikemas Silvan Widmer pada menit ke-58. 

Tim tamu kehilangan penguasaan bola di lini tengah, Embolo menerobos masuk ke dalam kotak penalti. Ia mengoper bola kepada Widmer yang mencetak gol saat kembali setelah absen selama tiga tahun.

Granit Xhaka menguji kiper Bernd Leno dengan tembakan jarak jauh dan melebar. Sementara tendangan bebasnya hanya mengancam gawang Jerman.

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement