Ahad 06 Sep 2020 19:20 WIB

UBSI Gelar Webinar NEXT Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa 

Biarpun pandemi, mahasiswa harus tetap inovatif dan kreatif.

Prodi Teknik Elektro UBSI menggelar webinar bertajuk Peningkatan Prestasi Mahasiswa Melalui Kreativitas dan Inovasi Bidang Elektronika dan Otomasi di Masa Pandemi Covid-19.
Foto: Dok UBSI
Prodi Teknik Elektro UBSI menggelar webinar bertajuk Peningkatan Prestasi Mahasiswa Melalui Kreativitas dan Inovasi Bidang Elektronika dan Otomasi di Masa Pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melalui webinar NEXT (Notable Expert Talk) sukses menggelar seminar online yang bertajuk ‘Peningkatan Prestasi Mahasiswa Melalui Kreativitas dan Inovasi Bidang Elektronika dan Otomasi di Masa Pandemi Covid-19’. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara live melalui  Zoom dan Youtube, Rabu (2/9). 

Webinar ini menghadirkan narasumber yang merupakan pakar di bidang Ilmu Komputer, yakni Suryanto selaku Kaprodi Teknik Elektro. Suryanto mengungkapkan walaupun pandemi Covid-19 membuat ruang gerak menjadi terbatas, namun kreativitas dan inovasi harus tetap ditingkatkan, sehingga prestasi tetap juga dapat tetap tercapai. 

“Pandemi Covid-19, di satu sisi menjadi tantangan hidup tetapi di sisi lain juga menjadi ajang kreativitas terkait dengan kondisi yang disebabkan oleh pandemi ini. Untuk itu mahasiswa dapat menghadirkan inovasi baru yang sesuai dengan kebutuhan baru di tengah masyarakat pada masa Covid-19 ini. Mahasiswa dapat meningkatkan kepekaan dalam mencari peluang-peluang inovasi baru yang bisa berupa produk maupun layanan baru atau nilai tambah baru yang menjawab kebutuhan baru di masyarakat,” ujar nya dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Suryanto menambahkan, kreativitas merupakan bagian tak terpisahkan dari pemikiran sivitas akademika kampus terutama mahasiswa. Sebagai bagian dari komunitas akademik, dosen dan mahasiswa haruslah kreatif dan inovatif. Proses pendidikan seyogyanya membangun kreativitas dan inovasi dosen dan mahasiswa. Kreatif dalam menemukan ide baru dan inovatif dalam mencari cara-cara baru untuk mensiasati permasalahan yang ada.

“Untuk itu perlu keterbukaan akan ide-ide untuk menciptakan hal-hal baru, Kemampuan untuk memecahkan masalah, keberanian untuk berfikir dan bertindak berbeda serta mengambil risiko.  Adanya curiosity (kepenasaranan), inquisitive (keinginan untuk menyelidiki), serta kemauan untuk bekerja keras dalam mencapai peningkatan kreativitas, inovasi, dan prestasi,” ungkap Suryanto. 

Ia pun menegaskan, peningkatan prestasi dapat dilakukan dengan melakukan beberapa cara. Bisa melalui kompetisi sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk berkreasi serta berinovasi, yang rutin digelar. Di antaranya kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi), KRI (Kontes Robot Indonesia), dan lainnya. 

“Diharapkan dengan adanya partisipasi pada kontes atau kompetisi sebagai wadah berkreasi, mampu menjadikan mahasiswa maupun dosen semakin kreatif membuat inovasi sistem elektronika cerdas lainnya. Sehingga perkembangan elektronika dan otomasi seperti robotika bisa lebih meningkat,” tutup Suryanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement