Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Machfud-Mujiaman Ziarah ke Makam Wali Sebelum Daftar ke KPU

Ahad 06 Sep 2020 14:35 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan

Bapaslon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman berziarah ke makam Sunan Bungkul, Ahad (6/9)

Bapaslon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman berziarah ke makam Sunan Bungkul, Ahad (6/9)

Foto: Istimewa
Machfud-Mujiaman ziarah ke makam Sunan Bungkul sebelum daftar ke KPU Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bakal calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin dan wakilnya Mujiaman Sukirno akan melakukan pendaftara ke kantor KPU Surabaya pada Ahad (6/9) sore. Direktur Media dan Komunikasi Tim Pemenangan Machfud-Mujiaman Imam Syafi'i mengatakan, sebelum mendaftar ke KPU, rencananya pasangan tersebut akan ziarah terlebih dahulu ke Makam Sunan Bungkul yang ada di kawasan Taman Bungkul.

Pemilihan lokasi tersebut, kata Imam, karena warga Surabaya sudah terbiasa memulai ziarah para Wali dari Makam Sunan Bungkul. Kemudian bertolak ke makam sunan lainnya di berbagai daerah.

"Kita maknai pendaftaran Machfud-Mujiaman seperti mengawali perjalanan suci. Niatnya mensejahterakan warga Surabaya, memohon ridha dan bimbingan Allah SWT. Mereka mulai perjalanan sekaligus perjuangan ini dari Makam Bungkul," kata Imam, Ahad (6/9).

Baca Juga

Pada prosesi pendaftaran, Imam memastikan pihaknya bakal memperhatikan penerapan protokol kesehatan ketat. Tentunya demi meminimalisir terjadinya penularan baru Covid-19. Imam melanjutkan, dari Taman Bungkul, Machfud-Mujiaman akan lebih dulu bertemu dan menyapa delapan pengurus partai pendukung mereka. Para pengurus partai ini akan menanti kedatangan mereka di Surabaya Town Square (Sutos).

"Ada dari para relawan juga yang akan menunggu Pak Machfud dan Pak Mujiaman di sana," ujar Imam.

Setelah dari Sutos, pasangan calon akan berangkat ke kantor KPU berjalan kaki. "Dengan iring-iringan yang tertib jarak dua meter. Satgas berperan menjaga social distancing," ujar anggota Komisi A DPRD Surabaya ini.

Di kantor KPU, pasangan calon sudah akan disambut relawan dengan seni tradisional Islam hadrah banjari juga seni budaya tradisional Jula-Juli. Tidak hanya itu, rombongan Paslon juga akan menghampiri para penghafal alquran yang sedang melakukan khotmil quran di kantor DPC PPP yang berada di sebelah kantor KPU Kota Surabaya.

"Rombongan berjalan menuju tempat pendaftaran di KPU. Ketua dan sekretaris partai pengusung sesuai aturan wajib hadir mendampingi paslon bersama tim pendamping," kata Imam.

Imam mengaku, pasangan Machfud-Mujiaman telah mengantongi dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Mulai dari kelompok ulama, kaum millenial, akademisi, budayawan juga oleh rakyat dari beragam latar belakang. "Ragamnya dukungan partai bukti besarnya dukungan masyarakat. Koalisi Machfud-Mujiaman adalah bukti memajukan daerah harus dengan kerja kolaboratif atau kerja bersama," ujar Imam.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA