Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

PLN Berencana Konversi Kompor Gas ke Kompor Induksi

Ahad 06 Sep 2020 08:08 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Indira Rezkisari

Dirut PLN Zulkfli Zaini mengatakan dengan masyarakat beralih dari kompor gas ke kompor listrik maka bisa meningkatkan konsumsi listrik masyarakat.

Dirut PLN Zulkfli Zaini mengatakan dengan masyarakat beralih dari kompor gas ke kompor listrik maka bisa meningkatkan konsumsi listrik masyarakat.

Foto: Republika/Wihdan
Konversi ke kompor induksi bisa tekan subsidi elpiji pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana untuk melakukan konversi kompor gas ke kompor induksi (kompor listrik). Langkah ini dilakukan perusahaan untuk bisa mendorong penggunaan kompor listrik masyarkata.

Dirut PLN Zulkfli Zaini mengatakan dengan masyarakat beralih dari kompor gas ke kompor listrik maka bisa meningkatkan konsumsi listrik masyarakat. Selain itu, ia menilai konversi juga akan menekan subsidi elpiji pemerintah.

"Kami akan konversi besar-besaran dari LPG ke induksi. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu yang akan datang kami launching inisiatif untuk konversi satu juta kompor elpiji ke induksi," kata Zulkifli dalam sebuah diskusi virtual akhir pekan lalu.

Untuk menyukseskan proyek tersebut, PLN telah memulai progam kampung listrik yang memperkenalkan kompor induksi ke beberapa kampung di Indonesia. Dua kampung yang telah menikmati kompor induksi itu di antaranya Kampung Hijau Kemuning di Tangerang sebanyak 112 set kompor induksi, dan Kampung Batu Ampar di Jakarta Timur sebanyak 120 kompor.

"Kami bermimpi dan berharap di masa datang akan lebih banyak kampung-kampung yang gunakan kompor dengan energi bersih dan ramah lingkungan di daerahnya agar tercipta udara yang sehat," ujarnya.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA