Sabtu 05 Sep 2020 17:15 WIB

Dr Tirta: Masyarakat Patuh Pakai Masker Jika Tokoh Konsisten

Masyarakat meniru orang yang menyosialisasikan pakai masker.

Dr Tirta: Masyarakat Patuh Pakai Masker Jika Tokoh Konsisten. Dokter sekaligus relawan Covid-19 di Tanah Air dr Tirta Mandira Hudhi.
Foto: Dompet Dhuafa
Dr Tirta: Masyarakat Patuh Pakai Masker Jika Tokoh Konsisten. Dokter sekaligus relawan Covid-19 di Tanah Air dr Tirta Mandira Hudhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter sekaligus relawan Covid-19 di Tanah Air dr Tirta Mandira Hudhi mengatakan kepatuhan masyarakat terhadap penggunaan masker hanya bisa terwujud apabila tokoh atau orang yang menyosialisasikan hal itu juga konsisten menerapkan hal yang sama.

"Masyarakat di lapangan akan meniru apa yang disampaikan oleh orang yang menyosialisasikan. Namun, bila orang yang memberikan info atau anjuran tadi tidak konsisten, maka masyarakat tidak akan patuh juga," kata dia dalam diskusi daring dengan tema suka duka dokter dan relawan dalam menyosialisasikan gerakan pakai masker, Sabtu (5/9).

Baca Juga

Secara pribadi, dr Tirta mengaku pernah mengalami tekanan tersendiri saat foto dirinya viral di sebuah rumah makan tanpa menggunakan masker. Padahal, sebelumnya ia cukup gencar menyosialisasikan gerakan pakai masker.

Akibatnya, hal tersebut menjadi preseden buruk bagi dr Tirta yang selama ini cukup banyak mengampanyekan pencegahan Covid-19 di Tanah Air. "Di sinilah saya tahu dan akhirnya menjaga konsistensi," ujar dia.

Sebenarnya, ujar dia, orang-orang yang mengimbau pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan protokol kesehatan lainnya secara tidak langsung adalah guru bagi orang lain. Pada saat ia telah memberikan edukasi tersebut, maka konsistensinya juga harus dilaksanakan agar kepercayaan masyarakat tidak pudar.

"Jadi, yang menjadi masalah adalah konsistensi dari yang memberikan edukasi," katanya.

Oleh karena itu, konsistensi penggunaan masker tidak bisa hanya dibebankan kepada masyarakat, tetapi juga bagi tokoh publik atau orang yang memberikan edukasi. Ia juga mengajak masyarakat  selalu mendukung tenaga kesehatan yang terus berjuang melawan Covid-19. Sebab, hingga kini masih banyak dijumpai hujatan mengarah pada tenaga medis, relawan dan sebagainya dalam penanganan pandemi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement