Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Pahala Thawaf

Sabtu 05 Sep 2020 12:19 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana jamaah haji berthawaf

Suasana jamaah haji berthawaf

Foto: Nashih Nashrullah Republika
Thawaf adalah bukti tunduk dan  menyerah kepada Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Dr KH Syamsul Yakin MA

Secara etimologi, thawaf berarti berkeliling atau memutari sesuatu atas sesuatu. Sedangkan secara terminologi thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran dengan niat yang khusus di tempat tertentu.  Dalam rangkaian ibadah haji, thawaf merupakan salah satu dari lima rukun haji, yakni ihram, wukuf di Arafah, thawaf, sa’i, dan tahalul.

Allah SWT memerintahkan, “Dan hendaklah mereka melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (QS. al-Hajj/22: 29). Menurut pengarang Tafsir Jalalain yang dimaksud rumah yang tua dalam ayat ini adalah rumah kuno. Maksudnya Baitullah adalah rumah pertama yang dibuat untuk ibadah oleh manusia.

Sedangkan thawaf yang dimaksud adalah thawaf ifadhah, yakni thawaf yang menjadi rukun haji. Sebab selain thawaf ifadhah dikenal juga thawaf qudum, yakni thawaf yang dilakukan ketika jamaah haji baru tiba di Mekah. Sedangkan thawaf yang dilakukan ketika jamaah haji meninggalkan Mekah disebut thawaf wada’.

Di samping melakukan beragam jenis thawaf tersebut, jamaah haji dan umrah dapat menambah pahala dengan melaksanakan thawaf sunah. Yakni thawaf yang tidak dikaitkan dengan ibadah haji dan umrah. Thawaf sunah bisa dilakukan sewaktu-waktu secara tidak tertentu. Umumnya dilakukan sebelum masuk waktu shalat fardhu atau sesudahnya.

Nabi SAW bersabda, “Setiap sehari semalam Allah menurunkan seratus dua puluh rahmat atas Baitullah. Enam puluh rahmat untuk yang melakukan thawaf, empat puluh untuk yang melakukan shalat, dan yang dua puluh untuk yang memandang Ka’bah.” (HR. Thabrani). Inilah salah satu pahala thawaf, yakni mendapat enam puluh rahmat Allah SWT.

Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang thawaf sebanyak tujuh kali dan ia tidak mengucapkan kecuali “Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha Illallah, Allahu Akbar, Laa haula wa laa quwwata illaa billaah, maka dihapuskan padanya sepuluh kesalahan, dituliskan sepuluh kebaikan dan diangkat derajatnya sepuluh tingkat.

Dan siapa yang melakukan thawaf dengan berkata-kata (tidak berdzikir) maka seakan-akan ia berenang pada rahmat Allah dengan kedua kakinya saja (tanpa jasadnya),  seperti ia berenang di air dengan kedua kakinya.” (HR. Ibnu Majah). Inilah kemurahan Allah SWT bagi yang thawaf, kendati tidak mampu berzikir tetap diberikan pahala.

Secara simbolik, thawaf merupakan satu jenis ibadah yang mengikuti ibadahnya para malaikat yang mengelilingi Arasy. Namun demikian, tidak hanya makhluk mikrokosmos seperti manusia dan malaikat yang melakukan thawaf, makhluk makrokosmos di alam raya ini juga beredar  mengelilingi (thawaf) pusat galaksi pada garis edarnya (al-falaq).

Jadi secara filosofis, thawaf adalah bukti tunduk dan  menyerah kepada Allah SWT yang dilakukan oleh semua makhluk-Nya dengan cara masing-masing. Misalnya bumi dan bulan konsisten pada ketentuan Allah SWT berthawaf (mengelilingi) matahari. Di samping itu, bumi sambil thawaf (mengelilingi) matahari, ia berthawaf juga mengelilingi bulan.

Secara retoris, Allah SWT bertanya, “Apakah kamu tidak mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya.” (QS. al-Hajj/22: 18).

Salah satu cara untuk bisa beribadah thawaf harus datang ke Baitullah di kompleks Masjid Haram di kota  suci Mekkah. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang sudah punya niat kuat dan diberikan rezeki dan kesehatan  dapat menghubungi biro perjalanan haji dan umrah yang amanah dan tepercaya. Semoga kita bisa thawaf tahun ini mengelilingi Baitullah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA