Jumat 04 Sep 2020 19:20 WIB

Dua Kali Gempa, Satu Unit Rumah Warga Sukabumi Rusak

Lokasi gempa pada 7.11 LS - 106.93 BT, 20 kilometer Selatan Kota Sukabhmi.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Gempa bumi di Sukabumi
Gempa bumi di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Satu unit rumah warga di Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi rusak akibat diterjang rangkaian gempa bumi, Jumat (4/9). Diduga rumah tersebut roboh dipengaruhi bangunan yang sudah lama.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, rumah yang rusak itu milik Soni Ardianto warga Jalan Caringin Ngumbang RT 03 RW 10 Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong. Kejadian itu tepatnya terjadi pukul 14.17 WIB.

"Diperkirakan roboh karena rangkaian gempa yang tercatat dua kali yaitu gempa magnitudo 3.3 sekitar pukul 13.30 WIB," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami. Lokasi gempa pada 7.11 LS - 106.93 BT, 20 kilometer Selatan Kota Sukabhmi.

Gempa ini dengan kedalaman 4 kilometer. Sedangkan gempa yang kedua dengan magnitudo 2.4 pada puk 13.35 WIB. Titik koordinat gempa pada 7.11 LS - 106.93 BT, 21 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 3 kilometer

Zulkarnain menuturkan, rumah ambruk juga diperkirakan karena bangunan lapuk sehingga mudah rusak atau ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Jumlah warga yang terdampak hanya 1 kepala keluarga (KK) dengan 3 jiwa. Selain kerusakan rumah, gempa juga menyebabkan peralatan rumah tangga di dalamnya rusak, sehingga taksiran kerusakan dan kerugian ditakair mencapai Rp 57 juta.

Dalam insiden ini kata Zulkarnain, BPBD, tim gabungan dan unsur wilayah di lapangan telah mengungsikan korban terdampak ke rumah orang tuanya. Sementara material yang berserakan di sekitar telah dibersihkan dan diamankan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement