Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Warga Pakistan Gelar Aksi Protes Charlie Hebdo

Jumat 04 Sep 2020 14:48 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Warga Pakistan Gelar Aksi Protes Charlie Hebdo. Protes majalah Charlie Hebdo di Pakistan. Ilustrasi

Warga Pakistan Gelar Aksi Protes Charlie Hebdo. Protes majalah Charlie Hebdo di Pakistan. Ilustrasi

Foto: EPA/T. Mughal
Protes Charlie Hebdo di Pakistan berlangsung.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Puluhan warga Pakistan menggelar aksi protes yang ditujukan kepada Majalah Prancis, Charlie Hebdo yang kembali mencetak karikatur nabi Muhammad, Jumat (4/9). Seperti dilansir Samaa, puluhan pria berkumpul di Utara kota Muzaffarabad di Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Para demonstran meneriakan slogankecaman untuk majalah tersebut seperti 'Berhenti mengonggong anjing Prancis' dan 'Hentikan Charlie Hebdo'. "Pemerintah Pakistan harus segera mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan Prancis sebagai protes," kata Mohammad Zaman, seorang ulama sunni. 

Aksi itu pun berlangsung dengan damai, meski para demonstran ada yang menginjak-injak bendera Prancis dan membakarnya. Sebelumnya dalam video, Menteri Luar Negeri Pakistan, Mahmood Qureshi mengatakan mengutuk tindakan Charlie Hebdo.

Baca Juga

Selain itu Pakistan juga telah mengajukan protes pada duta besar Prancis di Islamabad. "Karikatur yang diterbitkan telah melukai sentimen jutaan Muslim. Saya berharap tindakan tercela ini tak akan terulang kembali dan mereka yang bertanggung jawab akan dibawa ke pengadilan," kata Qureshi.

Sementra Partai Islam sayap kanan Tehreek e Labbaik Pakistan mengklaim telah mengorganisir aksi protes yang berlangsung usai sholat Jumat. Protes juga berlangsung di kota Rawalpindi dan Karachi. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA