Jumat 04 Sep 2020 12:52 WIB

Awet Muda dengan Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid dapat membantu menjaga kulit awet muda dan bercahaya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pelembap yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu menjaga kulit awet muda dan bercahaya.
Foto: flickr
Pelembap yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu menjaga kulit awet muda dan bercahaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hyaluronic acid (HA) merupakan bagian dari kulit yang harus terjaga produksinya untuk mempertahankan kulit agar tetap awet muda. Penurunan kadarnya bisa terpantau ketika terjadi penuaan dini dengan tanda-tanda seperti, kulit kusam, muncul bintik hitam, atau garis-garis halus.

Masalah kulit seperti ini banyak ditemukan pada usia 25 tahun. Ahli dermatologi bersertifikat dr Litya Ayu mengatakan, dehidrasi pada kulit juga sangat memengaruhi kondisi kulit. Penyebabnya bisa terjadi akibat faktor intrinsik dan ekstrinsik.

Baca Juga

"Faktor intrinsik itu karena sesuai usia saja dan itu tidak bisa kita hindari," tutur ungkap Litya saat peluncuran virtual serum L’Oreal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid.

Sementara itu, faktor ekstrinsik merupakan faktor dari luar, seperti radikal bebas, kurang tidur, stres, dan minum. Ketidakcocokan terhadap produk perawatan kulit juga bisa membuat kulit bermasalah.

Saat ini, tren penggunaan HA sebetulnya sudah cukup marak diperbincangkan di seluruh dunia. Formulasi serum HA memang diperuntukkan untuk menjaga kulit awet muda dan bercahaya.

HA normal secara alami ditemukan dalam tubuh. Sebanyak 50 persen HA adanya di kulit, yakni kulit paling luar dan kulit bagian tengah.

HA bertindak sebagai pelembap yang mengikat air dan meremajakan kulit dari dalam. Bersifat alami dan tidak menyebabkan iritasi, hyaluronic acid berfungsi seperti spons dan menjadi salah satu solusi mengatasi kulit kusam dan tanda-tanda penuaan pada wajah.

"Kulit harus selalu lembap agar selalu sehat. Bagaimana cara perawatan yang baik? Gunakan air yang sesuai suhu tubuh, kemudian sabun yang lembut dan pH sesuai kulit dan gunakan serum baiknya lima menit setelah mandi, karena setelah mandi konsentrasi air paling tinggi sehingga dapat mengunci air agar tetap di dalam,” papar Litya.

Serum, menurut Litya, akan bekerja menarik cairan air dari dalam tubuh maupun luar, sehingga kelembapan terjaga. Namun, pendamba kulit sehat juga harus mencukupi kebutuhan dua liter air sehari.

"Apalagi jika berada lama di ruang ber-AC, harus lebih banyak minum," kata Litya.

Serum juga akan bekerja dengan cara mengunci kelembaban yang ada dalam kulit. Sebenarnya, kulit memiliki lemak yang normal dan bisa melindungi kulit, khususnya melindungi dari partikel bebas dan menutup air agar tidak mudah menguap. Namun, aktor intrinsik maupun ekstrinsik itulah yang menyebabkan kulit butuh serum HA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement