Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Pesantren Penerima Bantuan Harus Punya Nomor Statistik 

Jumat 04 Sep 2020 12:05 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Pesantren Penerima Bantuan Harus Punya Nomor Statistik . Ilustrasi Pesantren

Pesantren Penerima Bantuan Harus Punya Nomor Statistik . Ilustrasi Pesantren

Foto: Republika/ Wihdan
Kemenag secara bertahap sedang menyalurkan bantuan untuk 21 ribu pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) secara bertahap sedang menyalurkan bantuan untuk 21 ribu pesantren di masa pandemi Covid-19. Penyaluran bantuan tahap pertama sudah mulai cair untuk 9.511 pesantren.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono mengatakan, penerima bantuan ini adalah pesantren yang memiliki Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP). Penerapan syarat NSPP bertujuan memperbaiki tata kelola yang memang selama ini lepas kendali.

"Saat dibuatkan sistem, semakin terdeteksi pesantren yang terdata dan tidak terdata," kata Waryono melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Jumat (4/9).

Baca Juga

Ia menyampaikan, terkait informasi adanya sejumlah pesantren yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan, Kemenag belum mendapatkan datanya. Sekiranya ada pesantren yang belum mendapat bantuan, Kemenag akan mengecek data tersebut terkait dengan kepemilikan NSPP.

Waryono juga mengimbau, pesantren yang belum masuk daftar penerima bantuan agar memastikan apakah sudah memiliki NSPP atau belum. Bagi yang sudah habis masa berlakunya segera didaftarkan ke link ini http://ditpdpontren.kemenag.go.id/ijoppesantren.

"Pendataan pesantren oleh Education Management Information System (EMIS) melalui Izin Operasional Pondok Pesantren (IZOP) online ini sudah dilakukan sejak 2018," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA