Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

SR013, Investasi untuk Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Jumat 04 Sep 2020 11:23 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Sukuk Ritel (ilustrasi)

Sukuk Ritel (ilustrasi)

Foto: Antara
SR013 menawarkan imbal hasil tetap sebesar 6,05 persen per tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas/Perusahaan) mendorong masyarakat untuk berperan dalam pemulihan ekonomi nasional. Salah satu caranya dengan berinvestasi pada produk investasi Pemerintah Sukuk Negara Ritel Seri SR013.

Direktur Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik mengatakan  SR013 diharapkan dapat memberikan alternatif investasi yang aman bagi masyarakat. Selain itu juga mendukung terwujudnya keuangan inklusif, serta memenuhi sebagian pembiayaan pembangunan berbagai proyek Anggaran pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

"Mandiri Sekuritas berkomitmen penuh dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus menghadirkan kemudahan bagi para nasabah untuk ikut berpartisipasi," katanya dalam keterangan pers, Jumat (4/9).

Pemerintah telah menetapkan revisi APBN 2020 menjadi Rp 2.739 triliun melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2020. Adapun APBN tahun ini akan difokuskan pada tiga prioritas utama, yaitu sektor kesehatan, jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi nasional.

Melalui layanan investasi terintegrasi Mandiri Online Securities Trading (MOST), nasabah dapat berinvestasi dan membeli produk SR013 secara mudah dan aman. Produk investasi SR013 menggunakan prinsip syariah dengan akad ijarah atau kemanfaatan dengan imbalan dari keuntungan hasil kegiatan investasi (//asset to be leased//).

Dengan menggunakan prinsip syariah, maka SR013 tidak mengandung unsur judi (maysir), ketidakjelasan (gharar), riba (usury). SR013 juga telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

SR013 menawarkan imbal hasil tetap sebesar 6,05 persen per tahun dengan tenor selama tiga tahun. Imbal hasil akan dibayarkan setiap bulan pada tanggal 10 terhitung mulai 10 November 2020.

Produk SR013 tersedia khusus untuk warga negara Indonesia (WNI) dengan nilai investasi yang terjangkau mulai dari Rp 1 juta. Menurut Theodora, nilai investasi SR013 yang terjangkau dapat menjadi pilihan menarik bagi milenial yang ingin mulai berinvestasi.

Sebanyak lebih dari 60 persen nasabah Mandiri Sekuritas adalah generasi milenial atau nasabah yang lahir di tahun 1980-2000. Sementara partisipasi nasabah milenial yang membeli produk-produk Surat Berharga Negara (SBN) di Mandiri Sekuritas mencapai sekitar 70 persen.

"Produk SR013 memiliki keistimewaan karena dapat diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga memberikan fleksibilitas bagi nasabah yang membutuhkan dana darurat," katanya.

Perdagangan atau pengalihan kepemilikan SR013 dapat dilakukan mulai tanggal 11 Desember 2020 atau setelah berakhirnya periode penyimpanan minimum yang ditetapkan pemerintah. Mandiri Sekuritas telah dipercaya pemerintah sebagai mitra distribusi produk-produk Surat Berharga Negara (SBN) sejak tahun lalu.

Dengan menjadi mitra distribusi SBN, Mandiri Sekuritas kini memiliki layanan investasi pasar modal yang komprehensif. Sehingga memudahkan para nasabah untuk melakukan diversifikasi dalam mengelola aset investasinya. SR013 ditawarkan mulai tanggal 28 Agustus 2020 sampai dengan 23 September 2020.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA