Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Sukuk Ritel SR013, Investasi Anti Ambyar di Masa Pandemi

Jumat 04 Sep 2020 10:31 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Sukuk Ritel SR013, Investasi Anti Ambyar di Masa Pandemi

Sukuk Ritel SR013
Sukuk Ritel SR013 via laman resmi DJPPR Kemenkeu

Cermati.com, Jakarta - Masa pandemi, waktunya bikin uangmu ‘berkembang biak.’ Caranya mudah, tinggal  sukuk ritel (sukri)" href="https://www.cermati.com/artikel/apa-itu-obligasi-inilah-penjelasan-lengkapnya" target="_blank">investasi di sukuk ritel (sukri) yang ditawarkan pemerintah. Salah satu investasi minim risiko, menguntungkan dengan modal kecil, dan pastinya bebas riba.

Sukuk negara ritel atau sukuk ritel kali ini sudah memasuki seri ke-13. Disebut juga SR013, produk investasi tersebut dijual ketengan kepada perorangan, seperti ibu rumah tangga, PNS, pegawai swasta, pensiunan, sampai generasi milenial.

Jika membeli Sukuk Ritel SR013, bukan cuma dompet yang bakal tebal, kamu juga ikut menolong negara dari kesulitan ekonomi di masa pandemi. Sebab, uang dari hasil jualan SR013, akan digunakan pemerintah untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta mendanai proyek-proyek infrastruktur.

Proyek infrastruktur yang dimaksud di antaranya, pembangunan Tol Solo-Ngawi seksi I-Colomadu Karanganyar Jawa Tengah, gedung perkuliahan UIN Manado Sulawesi Utara, jalur kereta double track Selatan Jawa Cirebon-Kroya, Solo-Madiun-Jombang, asrama haji Makassar, Jembatan Youtefa (Holtekamp) Papua, hingga Terowongan KA Notog Banyumas.

Baca Juga: Mau Beli Rumah? Investasi Saja Dulu Biar Uangmu Berkembang Biak

 

Modal Rp 1 Juta, Untung 6,05% per Tahun

 
 
 
View this post on Instagram

Halo Rekan! saat yang dinanti telah tiba, Imbal Hasil Sukuk Ritel seri SR013 telah resmi ditetapkan ☺️ Salah satu yang bisa sama-sama kita lakukan sebagai wujud mencintai negeri ini adalah dengan berinvestasi SBN Ritel. kamu bisa jadikan SBN Ritel sebagai pilihan instrumen investasi terbaik yang menawarkan kesempatan unutukmu berinvestasi dan berkontribusi dalam masa pemulihan pandemi saat ini. Pemerintah kembali membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR013 mulai tanggal 28 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB. Bagaimana cara berinvestasi? kamu bisa melakukan pemesanan SR013 secara online melalui 31 Mitra Distribusi yang bekerja sama dengan @Kemenkeuri. Sudah catat masa penawarannya rekan? Yuk ajak dan mention temanmu juga, bersama-sama bersiap jadi Pahlawan Pembiayaan Negara 😊 #IniUntukKita #CintaiNegeriDenganInvestasi

A post shared by DJPPR Kementerian Keuangan RI (@djpprkemenkeu) on

Gak perlu merogoh kocek dalam buat investasi. Kamu yang masih mahasiswa pun bisa banget investasi di Sukuk Ritel SR013. Keuntungan investasi pada produk ini, yaitu:

  • Modal atau nilai pemesanan mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 3 miliar
  • Keuntungan atau imbal hasil 6,05% per tahun
  • Imbal hasil lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito Bank BUMN
  • Keuntungan dibayar setiap bulan
  • Tingkat imbal hasil tetap (sampai jatuh tempo)
  • Tenor atau jatuh tempo 3 tahun (10 September 2023)
  • Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik
  • Pastinya sesuai prinsip syariah alias bebas dari riba dan judi
  • Pajaknya cuma 15%, lebih rendah dari deposito sebesar 20%
  • Dijamin oleh negara alias anti gagal bayar.

Simulasi Investasi Sukuk Ritel SR013

Penasaran, berapa sih keuntungan yang bisa kamu terima kalau investasi di Sukuk Ritel SR013? Yuk, intip simulasinya (belum termasuk pajak) dan hitung sendiri sesuai dengan jumlah uang yang akan kamu tanamkan.

Contoh 1: 

Investasi Rp 2 juta (2 unit)

Imbal hasil 6,05% per tahun

  • Keuntungan per unit = (Rp 1.000.000 x 6,05% x 1/12) = Rp 5.042
  • Total keuntungan yang kamu terima setiap bulan sampai jatuh tempo = 2 x Rp 5.042 = Rp 10.084
  • Total keuntungan jika tidak dijual selama 3 tahun = Rp 10.084 x 36 bulan = Rp 363.024
  • Saat jatuh tempo, kamu akan menerima kembali uang investasimu sebesar Rp 2 juta.
Semakin besar kamu mengucurkan modal untuk investasi, maka makin banyak pula untung yang bisa diperoleh.

Contoh 2:

Jika dijual di pasar sekunder antar investor domestik dengan harga 105%, berarti hasil yang didapat:

  • Keuntungan per unit = (Rp 1.000.000 x 6,05% x 1/12) = Rp 5.042
  • Total keuntungan yang diterima = 2 x Rp 5.042 = Rp 10.084
  • Capital gain = Rp 2.000.000 x (105-100)% = Rp 100.000
  • Total hasil (modal investasi + capital gain) = Rp 2.100.000

Contoh 3:

Jika dijual di pasar sekunder antar investor domestik dengan harga 95%, berarti hasil yang didapat:

  • Keuntungan per unit = (Rp 1.000.000 x 6,05% x 1/12) = Rp 5.042
  • Total keuntungan yang diterima = 2 x Rp 5.042 = Rp 10.084
  • Capital loss = Rp 2.000.000 x (95-100)% = - Rp 100.000
  • Total hasil (modal investasi + capital loss) = Rp 1.900.000.
Baca Juga: Minim Risiko, Investasi Emas Menjadi Pilihan Jitu Menabung

Tertarik Beli Sukuk Ritel SR013? Catat Cara Belinya

Sukuk Ritel SR013 dijual secara online. Jadi, kalau mau beli lewat sistem elektronik dari para agen atau mitra distribusi yang ditunjuk pemerintah. Totalnya ada 31 agen. Terdiri dari bank umum, bank syariah, perusahaan efek, perusahaan efek khusus, serta fintech.

Daftar agen penjual SR013 bisa kamu lihat di laman resmi Kementerian Keuangan kemenkeu.go.id. Sukuk ini dapat dipesan hingga 23 September 2020 pukul 10.00 WIB. Kemudian penetapan hasil penjualan 28 September, dan pada 30 September mulai setelmen atau penerbitan.

Ada 4 tahap yang harus dilalui calon investor untuk membeli SR013, yakni:

1. Registrasi

Proses pendaftaran calon investor melalui sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi. Masukkan data-data, antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga.

SID adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Calon investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, akan dibantu agen penjual.

2. Pemesanan 

Setelah registrasi berhasil, calon investor bisa memesan SR013 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam memorandum informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SR013.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/SMS sesuai kebijakan masing-masing agen penjual.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order, serta akan memperoleh alokasi SR013 pada tanggal setelmen.

Jangan Tunda Lagi Investasi

Beli baju baru, nongkrong di kafe, jajan es kopi kekinian boleh saja ditunda saat ekonomi lagi susah begini. Tapi tidak dengan investasi. Jika kamu menahan diri investasi dan uangmu hanya mengendap di tabungan, maka sulit untuk ‘berkembang biak.’ Malahan lama-lama bakal tergerus inflasi.

Sedangkan kalau diinvestasikan, kamu bukan hanya mampu mengelola keuangan, tapi juga berpotensi mendapatkan banyak fulus. Apalagi kalau bisa memilih produk investasi dan mampu mengelola risikonya secara tepat. Cuan bakal lebih maksimal.

Baca Juga: 3 Cara Efektif Menghindari Investasi Bodong

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA