Jumat 04 Sep 2020 09:39 WIB

Politikus PAN Minta Puan Maharani Belajar Sejarah

Puan Maharani harus kembali belajar sejarah bangsa.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
Puan Maharani
Foto: DPR
Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) asal Sumatera Barat (Sumbar) Guspardi Gaus mengomentari pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebut agar masyarakat Sumbar mendukung negara Pancasila. Menurutnya, Puan harus kembali belajar sejarah bangsa.

"Saya minta kepada Ibu Puan untuk belajar sejarah, siapa pendiri bangsa ini, siapa yang merumuskan UUD dan Pancasila itu adalah tokoh yang berasal dari Sumatera Barat," kata Guspardi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/9).

Ia menyayangkan pernyataan tersebut dilontarkan Puan yang juga merupakan Ketua DPR. Anggota Komisi II DPR itu membantah jika dikatakan warga  Sumbar tidak Pancasila.

"Tidak mungkin orang Sumbar itu tidak Pancasila. Orang Sumbar itu paling pancasilais," ujarnya.

Ia menganggap pernyataan tersebut telah menimbulkan kegaduhan. Ia pun meminta agar Puan Maharani berhati-hati dalam menyampaikan pernyataan.

"Hati-hatilah dalam menyampaikan statement yang akan menyakiti masyarakat banyak," ucapnya.

Sebelumnya, dalam agenda pemberian rekomendasi Cagub dan Cawagub untuk Pilgub Sumbar 2020 dari PDIP, Puan Maharani menyampaikan harapannya agar Provinsi Sumbar menjadi wilayah yang mendukung negara Pancasila. Namun, pernyataan itu berbuntut kontroversi.

"Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila," ujar Puan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement