Kamis 03 Sep 2020 21:36 WIB

Hadapi Spanyol, Joachim Loew Bakal Ubah Formasi Jerman

Loew kemungkinan menerapkan formasi tiga bek.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penjaga gawang timnas Jerman Kevin Trapp melakukan pemanasan saat sesi latihan tim di Stuttgart, Jerman, 01 September 2020. Jerman akan menghadapi Spanyol pada pertandingan sepak bola UEFA Nations League pada 03 September 2020.
Foto: EPA-EFE/PHILIPP GUELLAND
Penjaga gawang timnas Jerman Kevin Trapp melakukan pemanasan saat sesi latihan tim di Stuttgart, Jerman, 01 September 2020. Jerman akan menghadapi Spanyol pada pertandingan sepak bola UEFA Nations League pada 03 September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Pelatih Jerman Joachim Loew telah menyiapkan cara meredam Spanyol pada laga pembuka Grup 4 Liga A UEFA Nations League, Jumat (4/9) dini hari WIB. Salah satunya dengan menerapkan formasi berbeda. Pelatih berusia 60 tahun membuka kemungkinan untuk menurunkan formasi tiga pemain bertahan dalam laga yang bakal digelar di Stadion Mercedes-Benz Arena, Stuttgart tersebut.

Keputusan Loew ini dinilai tidak terlepas dari komposisi pemain yang dimilikinya di skuat timnas Jerman saat ini. Dengan absennya sejumlah pemain, yang masih menjalani masa istirahat setelah menjalani kompetisi 2019/2020, Loew justru memiliki banyak pilihan di posisi bek tengah, seperti Antonio Ruediger, Johnathan Tah, Matthias Ginter, Thilo Kehrer, dan Robin Koch. 

Baca Juga

"Saya cenderung untuk menurunkan formasi tiga bek di laga berikutnya. Sebenarnya, kami bisa menerapkan berbagai variasi yang berbeda, baik dengan formasi tiga bek ataupun empat bek. Namun, di laga kontra Spanyol, kami kemungkinan besar akan menurunkan formasi tiga bek. Sementara di laga kontra Swiss, kami bisa kembali menggunakan formasi empat pemain bertahan,'' tutur Loew seperti dilansir laman resmi UEFA, Kamis (3/8).

Pelatih yang mengantarkan Jerman meraih titel Piala Dunia 2014 itu pun mengungkapkn, akan memberikan kepercayaan pada bek sayap Atalanta, Robin Gosens, di laga kontra Spanyol. Ini akan menjadi laga debut bek kiri berusia 26 tahun itu setelah dipanggil Loew setelah performa impresifnya bersama Atalanta.

Tidak hanya itu, Loew juga menyebut, Kevin Trapp akan menggantikan Manuel Neuer di posisi penjaga gawang Die Mannschaft pada laga tersebut. Selain itu, Loew juga mengungkapkan rencana untuk menurunkan bek tengah Muenchen, Nicklas Sule, dan rekrutan teranyar Muenchen, Leroy Sane. Namun, lantaran baru pulih dari cedera panjang, Sule dan Sane diprediksi hanya akan tampil sebagai pemain pengganti. 

Menghadapi Spanyol, Jerman tidak akan diperkuat sejumlah penggawa andalan mereka, seperti Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, dan Leon Goretzka. Pasalnya, pemain-pemain tersebut tengah menjalani masa istirahat setelah penampilan di partai final Liga Champions, akhir bulan lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement